Kamis, 28 Mei 2015

Bagaimana Mempertajam Memori Otak

Bagaimana Mempertajam Memori Otak - Bag Kinantan - Pernah kelupaan menaruh kunci? Lupa nama orang, walau sudah bertemu berkali kali? Pernah Lupa dengan janji - janji? Jika hal ini terjadi, artinya kita punya masalah dengan memori otak kita. Saat kunci hilang, artinya saat kita meletakkan kunci tersebut, pikiran kita tidak ada di sana (kita memikirkan hal lain). Maka otak kita tidak mendapatkan perintah untuk mengingat. Alhasil, otak tidak menyimpan di tempat yang seharusnya atau datanya tercecer.

mempertajam memori otak

Namun, ada juga yang sudah memperhatikan tapi masih juga lupa. Jika itu terjadi mungkin kita memang kekurangan nutrisi otak, sehingga sirkuit otak kita mengalami kekurangan daya.

Nah, agar ingatan kita menjadi tajam saya ingin membagikan beberapa hal yang membuat ingatan menjadi kacau atau menjadi luarbiasa.

Pengacau Ingatan:

  1. Depresi. menyebabkan menurunnya kadar serotinin dan norepinefrin yang sangat diperlukan otak untuk fungsi mengingat.
  2. Radikal Bebas. Adalah sisa buangan saat tubuh memproses makanan menjadi energi. Radikal bebas disebabkan oleh makanan ( makanan gosong misalnya) atau dari polusi lingkungan.
  3. Ketamin, obat bius hewan. 
  4. Mariyuana
  5. Kafein, amfetamin, dan nikotin. 
  6. Stress, inilah biang pengacau ingatan. saat stres otak akan melepaskan hormon steroid agar mengembalikan keseimbangan,cirinya mudah tersinggung, panik dan susah tidur. 
  7. Kurang tidur. ketika kita tidur, otak mengubah ingatan jangka pendek menjadi jangka panjang, proses ini terjadi saat kita benar benar tidur nyenyak. Tanpa istirahat yang cukup, hormon penting seperti serotinin, norepinefrin dan asetilkolin akan menurun jadinya pelupa...
lalu, apa hubungannya dengan bisnis? hehe, jika mesin pencetak uangnya ngadat, pasti hasilnya pun akan tersendat - sendat. Nah, kalau begitu apa saja pendorong yang membuat memori menjadi lebih tajam?

  1. Pelukan Hangat, otak membutuhkan hormon seperti serotinin dan domapin. ini adalah hormon feel good. kekurangan hormon ini akan menyebabkan depresi, stress kronis yang berdampak pada ingatan. 
  2. vitamin B12, secara spesifik ini disebut sebagai 'makanan otak'. Fungsi B12 ternyata membentuk selubung pelindung pada neuron sehingga dapat dengan mudah mencatat serta menarik kembali ingatan. 
  3. Asetil L Karnitin, dapat dibeli bebas dan secara ilmiah diemukan dalam otak berperan memperbaiki metabolisme energi dan penurunan pembentukan radikal bebas intraseluluer akibat oksidasi asam lemak (uih...bahasanya)
  4. Olahraga, mengubah fisiologi terhadap stress, menciptakan keseimbangan antara istirahat dan fungsi mental. olahraga sangat baik untuk memperbaiki aliran darah ke otak. Meningkatkan kualitas otak secara alamiah dari dorongan hormon alami.
  5. Relaksasi, meditasi, berdoa. Tingkat kecemasan yang tinggi aan menghapus atau mengacaukan ingatan. Relaksasi adalah cara pertama yang diajarkan untuk menurunkan kecemasan. Maka benarlah Rasulullah SAW saat meminta Bilal untuk azan, artinya Rasulullah ingin mengerjakan solat, sabda beliau waktu itu Istirahatkan kami ya Bilal, dengan Sholat. 
nah, itulah tadi beberapa cara Bagaimana mempertajam Memori Otak, kita perlu menjaga aset penting ini agar hidup kita menjadi baik.

*) sumber : buku Big Brain Big Money

Selasa, 07 April 2015

Tentang Sikap : Attitude

Tentang Sikap : Attitude - Mungkin kita semua sering mendengar istilah yang satu ini : attitude. Dalam beberapa kesempatan banyak para ahli mengatakan bahwa untuk membangun keberhasilan dalam karir (apapun jenis karir anda), attitude adalah faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan itu. 

Dalam dunia Sumber Daya Manusia ada sebuah quote menarik,

Kami merekrut anda karena skill yang anda punyai
dan kami 'memecat' anda karena attitude anda.

Ada banyak ahli yang mencoba mengartikan apa sebenarnya attitude, namun sederhananya dapat kita ringkas menjadi ""Attitude merupakan reaksi emosional atau respon yang ditunjukan oleh seseorang akan suatu hal/objek. Attitude atau sikap juga merupakan indikator bagi kita untuk menilai baik atau buruknya seseorang. Untuk itu attitude yang baik sangat penting bagi seseorang agar orang tersebut mampu diterima dalam masyarakat." Dalam bahasa agama biasa kita sebut sebagai Akhlaq. 

Dalam buku Big Brain Big Money, Tom Mc Ifle mengatakan bahwa uang, waktu dan cinta bukanlah segalanya dalam hidup didunia ini. Tapi Attitude-lah segalanya di dunia ini. Karena keberhasilan hidup manusia sebagian besar dipengaruhi oleh sikapnya, baik atau buruk. 

Bagi sebagian kita mungkin akan melakukan protes, mengapa attitude, bukankah Iman dan Amal lah yang dibutuhkan manusia untuk mengarungi hidup di dunia bahkan hingga akhirat? Yap benar, attitude adalah manifestasi dari iman dan amal yang benar. Buah dari iman dan amal yang benar adalah attitude yang baik. 

Bukankan Nabi Muhammad saw pernah bersabda bahwa "jika kalian sudah tidak memiliki 'malu' berbuat sesuka kalian."  Bukankah malu sebagian dari iman? bukti keberimanan seseorang adalah adanya rasa malu?

Dalam beberapa tulisan yang lalu saya juga pernah mengatakan bahwa di Inggris pernah dilakukan percobaan untuk menguji sebuah pernyataan " orang beruntung akan cenderung terus beruntung, dan orang sial akan cenderung terus sial." thesis ini terbukti benar dan kesimpulan penelitian ini adalah sikap mental kita terhadap peluanglah yang akan menentukan nasib baik atau buruk tadi. 

Mereka yang memiliki sikap positif terhadap 'peluang', maka cenderung akan bernasib baik, begitu juga sebaliknya. Ingat, bahwa sukses bukanlah sebuah kebetulan, dan gagal juga bukanlah nasib, semua bermula dari sikap/ perilaku kita. 

Pada dasarnya manusia memiliki 2 pilihan perilaku, yaitu perilaku baik dan buruk. Kedua jenis perilaku ini berangkat dari dua jenis pikiran, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif.

Matrik perilaku (attitude)

Selanjutnya tinggal kita yang memilih, apakah ingin berperilaku positif dari pikiran positif atau sebaliknya. 

Keberhasilan dalam karir apapun yang kita jalani di dunia, sangat tergantung pada perilaku kita. berpikiran dan berperilakulah yang baik, maka hidup kita akan menjadi baik. Ini sedikit ulasan Tentang Sikap : Attitude semoga dapat memberi masukan yang baik untuk pikiran kita hari ini. semoga bermanfaat. 



Sabtu, 04 April 2015

Bagaimana Merangkul Keberatan atau Penolakan Pelanggan : Abaikan!

Bagaimana Merangkul Keberatan atau Penolakan Pelanggan: Abaikan! - Belajar Bisnis untuk Pemula bersama Bag Kinantan 082366380788 - Artikel ini adalah lanjutan dari dua artikel sebelumnya, yaitu bagaimana cara merangkul keberatan atau penolakan dan Tips Jualan : Atasi keberatan sebelum muncul. Jika anda belum membaca artikel sebelumnya, saran saya segera baca agar memberikan pemahaman yang lebih utuh.

bagaimana merangkul keberatan atau penolakan dengan mengabaikannya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menghadapi permintaan baik dari pasangan atau dari anak kita dan sering kali juga kita seperti tidak memperhatikan 'permintaannya' dan berusaha mengalihkan pembicaraan ke topik yang lain. Kita berusaha menghindari permintaan tersebut dan akhirnya pasangan atau anak kita akan teralihkan dari permintaan tersebut. Dengan perkataan lain, kita menganggap permintaan itu tidak ada.

Ini bukan berarti kita tidak mendengarkan, tapi kita menunjukkan kesn bahwa calon pembeli atau lawan bicara kita sebenarnya tidak terlalu mempersoalkan hal ini. Teknik tergolong sederhana karena tidak membutuhkan skil yang canggih dan kompleks. Seperti saya katakan di atas, bahwa dalam keseharian kita sudah melakukannya saat menghadapi pasangan atau anak - anak kita (atau orang lain di sekeliling kita).

Coba perhatikan percakapan berikut ini:

Pembeli : Kok sekarang sudah tidak ada warna Hijau ya? Padahal dulu saya ingin sekali beli yang warna itu.

Penjual : (Sambut) Wah, senang sekali mendengar bapak dulu sudah memutuskan untuk membeli. (hilangkan bagian membeli warna hijaunya)

Pembeli : Iya, saya suka banget sama warna hijau, kenapa gak dibuat lagi ya?

Penjual : Kadang pilihan produksi disuatu masa bisa saja berubah, sesuai dengan trend yang ada. (sekali lagi jangan sebut warna hijau) Jadi model ini yang menarik untuk bapak? (alihkan pembicaraan dari warna ke manfaat produk).

Apa gak tersinggung si calon pembeli?

Jika saat itu kita menyela pembicaraannya atau menunjukkan kesan ketakutan dan wajah tidak senang dengan keberatannya, mungkin saja ia akan merasa tersinggung. Tapi kalo kita tetap tenang, tidak panik, tetap pasang wajah manis, kemungkinannya sih kecil. Tetap tersenyum sambil alihkan pembicaraan.

Memang, tidak ada jaminan teknik akan selalu berhasil. Kadang ada pembeli yang presisten dengan keberatannya, seperti disampaikan pada artikel sebelumnya, bahwa kita cenderung mempertahankan sebuah argumen. Atau kadang si calon pembeli mengetahui apa yang anda lakukan, kadang ada kalanya memang mereka tidak ingin membeli atau mencari sisi keluhan yang lain.

Nah, kalo kita menggunakan teknik ini (teknik mengabaikan keberatan) dan si calon pembeli tetap mencoba mencari - cari sisi keberatan yang lainnya, kita harus menyadari bahwa kita sedang berhadapan dengan orang yang sebenarnya memang tidak ingin membeli. Tidak usah terlalu serius menanggapinya, tinggalkan saja. Masih banyak pembeli yang lain, mereka bukan target pasar anda.

Ok, teknik yang tidak terlalu sulit kan? kita hanya perlu mengalihkan perhatian calon pembeli dari satu hal ke hal lain dan agar mereka lebih fokus pada manfaat produk bukan sekedar model produk. semoga artikel sederhana ini : bagaimana merangkul keberatan atau penolakan pelanggan : abaikan, dapat bermanfaat bagi kita semua, sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan kita.

Kamis, 02 April 2015

Tips Jualan : Atasi Keberatan Sebelum Muncul

Tips Jualan : Atasi Keberatan Sebelum Muncul - Belajar bisnis buat pemula bersama  Bag Kinantan 082366380788 - "Penolakan adalah sesuatu yang tetap saja ditakuti oleh para sales, walaupun mereka sudah menghadapi berulang kali. Tetap saja saat melihat gejala-gejala konsumen akan menolak membuat kita para sales menjadi 'panik'. Seharusnya tidak demikian." (Baca tulisan lengkap bagian pertama).


menghadapi penolakan : atasi sebelum muncul..


Memblokir Keberatan sebelum diutarakan calon pembeli adalah cara yang cerdas dan sederhana, tapi perlu diterapkan dengan hati - hati. Konsumen biasanya memegang prinsip konsistensi, jika ia sudah mengeluarkan sebuah argumen, ia akan cenderung untuk mempertahankannya. Oleh karena itu, cara praktis di awal adalah memblok kemungkinan pernyataan/ argumen tersebut.


Contoh: Kita sedang berada disebuah dealer motor. Ada sebuah model yang kita sukai, tapi kita sedang berpikir tentang nilai jual kembali motor ini. Apalagi kita pernah mendengar bahwa harga jual kembalinya tidak terlalu tinggi. Di saat kita sedang berpikir, sang sales mengatakan, "Beberapa pelanggan saya juga sempat memikirkan harga jual kembali motor ini. Awalnya mereka agak ragu, tapi setelah saya berikan alamat dealer jual beli yang siap tampung motor tipe ini dengan harga yang bagus, keraguan mereka hilang!" Bang!! Dia seperti bisa membaca pikiran kita.


Sebenarnya sih ia tidak membaca pikiran kita dan juga bukan karena ia sudah meneliti diri kita secara khusus. Mungkin ia sudah katakan kalimat di atas untuk ratusan calon pembeli lainnya. Walau kadang juga tebakannya keliru, tapi beberapa pembeli tetap menghargai informasi ini.

Bagaimana mengetahui keberatan/ penolakan yang akan muncul? bukankan ini seperti tebak-tebakan?

Yap, kita menggunakan asumsi cerdas bahwa manusia di sebuah wilayah memiliki perilaku yang mirip-mirip, statistik dan probalitas sangat membantu dalam hal ini. Tentunya kita punya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, pertaa rangkum semua data penilakan yang pernah kita hadapi dahulu, atau kita juga bisa mengumpulkan dari pengalaman teman -teman sales yang lain. Kedua, buat daftar top 10 penolakan tersebut, coba perhatikan, penolakan/ keberatan itu memiliki pola yang sama. 


 Tapi hati -  hati, teknik ini bisa juga menjadi bomerang, saat tebakan kita salah, ada baiknya kita juga menjelaskan bahwa hal tersebut sebagai 'informasi' yang akan membantu mereka (calon pembeli). jangan sampai ini sebagai keluhan kita terhadap calon pembeli. Sampaikan ini sebagai solusi atas apa yang mereka khawatirkan. 


Contoh kalimat lain : 


"Sebagian kecil pembeli yang kami tawari selalu bertanya dan awalnya mereka khawatir dengan ...."

"Awalnya, beberapa pembeli kami agak terganggu dengan ... "
"Beberapa pelanggan kami awalnya ragu karena ..."
"Kemarin ada pembeli yang awalnya sempat ragu dengan ... "

Silahkan tambahkan kalimat selanjutnya, sesuaikan dengan hasil riset anda tentang perilaku konsumen disekitar lokasi anda. 


Setelah kita mengangkat hal ini, pastikan bahwa kita juga langsung menyampaikan penjelaan faktual atau bukti solusi yang telah berhasil kita berikan untuk keberatan jenis tersebut. Gunakan 'cerita sukses' yang berujung pada closing untuk membungkus teknik ini. 


Inilah artikel tentang Tips Jualan : Atasi Keberatan sebelum muncul, yang merupakan lanjutan dari artikel bagaimana menghadapi penolakan dan keberatan dalam penjualan



---


Senin, 30 Maret 2015

Tips Jualan : Bagaimana Menghadapi Penolakan Atau Keberatan (bagian 1)

Tips Jualan : Bagaimana Menghadapi Penolakan Atau Keberatan - belajar bisnis buat pemula bareng bag kinantan 082366380788 - penolakan adalah sesuatu yang tetap saja ditakuti oleh para sales, walaupun mereka sudah hadapi berulang kali. Tetap saja saat melihat gejala-gejala konsumen akan menolak membuat kita para sales menjadi 'panik'. seharusnya tidak demikian.



Pertama yang perlu kita pahami bersama adalah ada perbedaan antara 'menolak' dan 'keberatan'. Cara membedakannya seperti ini, anda ingin mengajak seorang yang anda taksir untuk nonton, jika ia mengatakan bahwa ia sedang sibuk beberapa waktu ini dan belum bisa pergi nonton, maka itu bentuk keberatan. Sedangkan jika ia mengatakan bahwa ia tidak tertarik dengan anda, itu jelas sekali penolakan.

Dalam banyak kasus, calon pembeli sama sekali tidak menolak atau tidak keberatan terhadap produk atau jasa kita. banyak sekali alasan dan latar belakang tidak terjadinya transaksi penjualan saat seorang sales menjual produknya.  Ada situasi saat dia tidak membutuhkannya, anda menemuinya saat kondisi mental yang tidak siap membeli, atau kadang pembeli tidak dalam kondisi pertimbangan terbaik membuat perhitungan yang salah, menggunakan perbandingan yang tidak pas dan lain lain.

Manusia memutuskan untuk membeli sesuatu atau tidak berdasarkan apa yang ada dalam pertimbangan mereka saat itu. kalau calon pembeli tidak membeli sekarang, BUKAN BERARTI dia tidak akan membeli nanti (Hingdranata Nikolay)


Inilah sebabnya penolakan atau keberatan menjadi tidak disukai, tapi jangan membuat kita menjadi stres yang berkepanjangan. Hal itu adalah normal. Penjual pemula akan panik dan tidak lagi tertarik untuk meneruskan hubungan dengan calon pembeli tersebut. Asumsi lugunya adalah kalau calon pembeli tidak tertarik atau tidak mau membeli saat itu, berarti mereka tidak mungkin berubah pikiran.

Bagi yang sudah membaca ini jangan lagi muncul pikiran seperti di atas, jika calon pembeli anda tidak membeli saat ini, maka ada kemungkinan dia akan membeli suatu hari nanti.

Satu hal yang sering saya ulang bahwa hakikat menjual adalah memberi solusi atas masalah yang dihadapi oleh konsumen kita. Jadi, saat anda mempunyai penawaran, jangan langsung tiba tiba 'menawarkan' produk anda, bangun hubungan yang baik terlebih dahulu, jika ia sudah 'dekat' dengan anda, tanpa anda mintapun ia akan bertanya tentang produk anda. Dan jika memang ia tidak membutuhkan produk anda ia akan "menawarkan"nya ke orang lain yang membutuhkan.

Menghadapi Keberatan dan Penolakan

Untuk melengkapi dan membantu anda dalam menyikapi berbagai penolakan atau keberatan calon pembeli, berikut ini akan disampaikan beberapa cara/ teknik menghadapinya. Tapi perlu anda ingat bahwa tips, cara atau teknik yang ada mungkin akan cocok di satu orang, tidak cocok pada orang yang lain, demikian juga sebaliknya, coba saja. aplikasikan dalam berbagai cara, sampai kita akhirnya nanti semakin fleksible dan peka terhadap berbagai situasi.

Beberapa cara itu antara lain :

-  Mengatasi keberatan sebelum muncul
-  Abaikan keberatannya
-  Antisipasi keberatan pihak lain setelah membelinya
-  Dulu Setelah itu Sekarang
-  Pendukung Setia
-  Harga , Harga Harga
-  Sedang tidak butuh
-  Trauma Produk
-  Kami sudah punya langgganan
-  Belum pernah mencoba


apa dan bagaimana penerapannya? silahkan tunggu lanjutannya,...

inilah bagian pertama dari artikel Tips Jualan : Bagaimana Menghadapi Penolakan Atau Keberatan, tunggu lanjutan tipsnya.

bersambung

Selasa, 24 Maret 2015

Bagaimana Memahami Arus Kas (Cash Flow)

Bagaimana Memahami Arus Kas (Cash Flow) - Belajar Bisnis untuk Pemula 082366380788 - "jika kita ingin kaya, maka kita harus membaca dan mengerti angka." Pada artikel sebelumnya, telah saya singgung tentang pondasi menjadi kaya, ada dua hal yang harus kita pahami, pertama pemahaman tentang aset dan liabilitas, yang kedua adalah mengetahui jenis pendapatan dan kemudian memaksimalkannya. Pada Tulisan bagian kedua ini, saya akan menyinggung sendikit tentang bagaimana membaca angka-angka yang berkaitan dengan aset dan liabilitas, yaitu cash flow. Apakah telah terjadi peningkatan aset dan penurunan liabilitas atau sebaliknya? 

bagaimana memahami arus kas


Angka-angka yang saya maksud di atas, tertulis lengkap dalam sebuah laporan keuangan. laporan keuangan kita butuhkan untuk mengetahui kondisi keuangan dalam satu waktu. Laporan ini kita butuhkan untuk menjaga agar bisnis kita tetap berjalan. Laporan keuangan yang paling sering dipakai adalah laba rugi dan neraca.

Laporan laba rugi secara sederhana menunjukkan uang yang masuk dan keluar, sedangkan neraca menunjukkan hubungan antara aset dan liabilitas, pola uang masuk dan keluar disebut sebagai arus kas.

Secara sederhana Laporan keuangan memiliki bentuk seperti di bawah ini.




 Pada gambar di bawah ini akan kita lihat pola  arus kas dan kita akan menemukan ke arah mana uang kita mengalir. Anak panah itu yang mewakuli arus uang, pola arus kas orang kaya dari ASET menuju PENDAPATAN, selanjutnya, anak panah dari liabilitas menuju bagian pengeluaran dan kemudian keluar dari diagram, itu berarti bahwa uang itu hilang. Semua uang telah digunakan untuk memenuhi keperluan semua yang kita miliki.

pola arus kas orang kaya
pola arus kas orang miskin


Sedangkan, pada gambar di bawah ini menunjukkan laporan keuangan seorang yang kaya dan miskin. laporan keuangan orang kaya akan menunjukkan lebih sedikit pengeluaran dalam hubungannya dengan pendapatan, kotak liabilitas lebih kecil dari kotak aset, dan sebaliknya laporan keuangan orang miskin akan menunjukkan liabilitas jauh lebih besar dari aset yang diiliki.















Demikianlah sedikit penjelasan tentang Bagaimana Memahami Arus Kas (Cash Flow), semoga dapat dipahami.

Jika ingin diskusi bisa via WA 08236680788

Salam

Jumat, 20 Maret 2015

Pondasi untuk Menjadi Kaya

Pondasi untuk Menjadi Kaya - Belajar Bisnis untuk Pemula 082366380788/ 79174C71 - Banyak dari kita ingin menjadi orang kaya, namun banyak juga dari kita yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Sebelum kita bicara lebih lanjut, pertama ingin saya tanyakan, darimana datangnya uang? sebenarnya ada 3 cara bagi kita untuk menghasilkan uang, Pertama adalah pergi bekerja, inilah cara yang paling umum dilakukan oleh kita. 


cara untuk kaya


Namun sebenarnya ada 3 jenis cara mendapatkan uang/ pendapatan. Itu terbagi dalam 3 jenis pendapatan. Pertama, pendapatan yang diperoleh : kita bekerja kemudian kita mendapatkan gaji. Kedua, pendapatan pasif, kita mendapatkan pendapatan tanpa harus secara fisik melakukan pekerjaan. contoh kita memiliki bisnis yang dikelola orang lain, setiap bulan kita mendapatkan bagi hasil. Contoh pendapatan pasif lainnya adalah kita memiliki property yang disewakan, dimana hasil sewa lebih besar dari biaya yang harus dikeluarkan. ketiga, pendapatan portofolio, pendapatan dari investasi saham, obligasi dan reksadana. 

Kunci untuk menjadi kaya adalah kemampuan kita untuk mengubah pendapatan yang diperoleh dari bekerja, menjadi pendapatan pasif dan portofolio. namun, perlu kawan-kawan ketahui bahwa mengetahui jenis pendapatan terbaik adalah hal kedua terpenting yang harus kita ketahui, namun hal paling penting yang harus kita ketahui jika kita ingin memperoleh kekayaan adalah....

Jika kita ingin menjadi kaya, maka hanya ada satu hal yang perlu sama-sama kita ingat, yaitu ; Mengetahui beda antara ASSET dan LIABILITAS. 

sesederhana itu!

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui beda antara aset dan liabilitas.


aset adalah memasukkan uang ke dalam kantong kita. aset seharusnya memberi pendapatan secara teratur. definisi tradisional tentang aset adalah sesuatu yang kita miliki, memiliki harga tertentu yang bisa 'berubah menjadi uang' jika kita membutuhkannya. Saat apa yang kita miliki, mampu menghasilkan uang untuk kita, itu dapat disebut sebagai aset. 

Dan sebenarnya Aset dapat menipu! bagaimana bisa? coba kita lihat contoh sederhananya, kita membeli mobil, mobil itu terlihat seperti aset kan? tapi membeli bensin itu membuat uan keluar dari kantong kita, biaya perawatan tiap bulan, belum lagi saat ia rusak, tambah lagi biaya. Abang saya pernah berpesan, saat kita memutuskan membeli mobil, maka kita sudah harus tahu berbagai konsekuensinya, seperti yang saya sebut sebelumnya. Jadi gak boleh beli mobil?  ya boleh dong, cuma jangan jadikan mobil kita sekedar mobil untuk kendaraan, jadikan ia sesuatu yang mampu menghasilkan uang juta. apa contohnya? nanti kita bahas lebih lanjut. 


Liabilitas kebalikan dari aset, liabilitas menyebabkan uang keluar dari kantong kita. selain menyebabkan uang keluar dari kantong kita, ciri liabilitas berikutnya adalah 'nilai' jual kembali benda-benda saat ditukar dengan uang tunai, akan memberikan nilai yang jauh lebih sedikit dari saat kita membelinya. liabiltias juga termasuk didalamnya semua pinjaman/ hutang, kartu kredit dan lain-lain. 

Jadi kesimpulannya kawan kawan, pondasi untuk menjadi kaya adalah pemahaman yang benar tentang ASET dan LIABILITAS lalu yang kedua adalah mengetahui jenis pendapatan yang paling baik. jika kedua hal ini dapat kita kuasai, insyaAllah akan lebih mudah kita menjadi kaya. memang kaya bukan segalanya, namun dengan memiliki kekayaan akan banyak membantu dalam kehidupan kita, belum lagi saat kita mampu membantu orang lain dengan kekayaan kita. semoga bermanfaat. 


Selasa, 17 Maret 2015

Inspirasi Bisnis : Kambing Aqiqah, 50 Ekor Sebulan

Inspirasi Bisnis : Kambing Aqiqah, 50 Ekor Sebulan – Belajar Bisnis untuk pemula bareng saya Bag Kinantan 082366380788 / 79184C71 – “Sebulan laku berapa?” Tanya saya waktu itu kepada beliau. Sembari membuka buku catatannya, ia menjawab, “Sampe tanggal ini sudah 53 ekor om” (waktu itu belum habis satu bulan). “Biasanya dalam sebulan laku berapa?” Tanya saya lagi. “Kadang 70-an kadang 50-an, tergantung juga. Tapi, rata-rata di atas 50 ekor.”

kambing aqiqah - 082366380788

Menurut penuturan beliau juga, bahwa kalau idul adha, penjualan bisa meroket hingga 2 kali lipat biasanya. Tahun ini saja laku 127 ekor kambing. Kawan – kawan tentu bisa hitung sendiri, jika keuntungan per kambing Rp. 100.000 saja, maka keuntungan dalam satu bulan sudah di atas 5 juta rupiah. Sayangnya, keuntungan per kambingnya jauh di atas itu. saya yang kadang bantu jualkan kambing beliau saja di kasih 50 - 100 ribu per ekor.

Gak Ada yang Instan

Dulu, beliau bekerja sebagai marketing kambing aqiqah milik tetangganya. Sayangnya, tidak ada transparansi antara pemilik usaha dengan beliau sebagai karyawan. Masalah gaji, bonus penjualan dan lain lain tidak transparan. Di awal kesepakatan seperti ini, nanti setelah berjalan bisa berubah lagi. Frustasi dengan kondisi kerja yang tidak ada kejelasan seperti itu, beliau mulai merintis usaha sendiri.

Seperti saya tulis dalam ebook 11 kesalahan manajemen usaha untuk pemula, beliau tidak memulai dengan memproduksi kambing (ternak kambing). Beliau mulai dari menjual kembali kambing yang didapat dari peternak kambing yang tersebar di beberapa titik. Dengan jaringan yang didapat saat menjadi marketing dulu ditambah promosi yang konsisten, usahanya mulai tumbuh.

Sebenarnya, penjualan saat ini dibandingkan saat awal awal merintis usaha kambing ini, tidaklah terlalu berbeda. Hanya saja, menurut beliau, uang yang didapat waktu itu selalu saja habis entah kemana. Tidak pernah berhasil di tabung atau disimpan. Selalu habis. Ternyata jago menjual saja tidak cukup untuk memiliki usaha yang besar, kita mesti paham bagaimana mengelola keuangan.

Mertuanya turun tangan. Duduk sebagai bagian keuangan. Setiap ada kambing yang laku, uang menjualan harus langsung disetor ke mertua beliau, nanti mertua beliau yang membagi uangnya, untuk modal lagi, gaji, bonus, dan lain lain. Cerita beliau, mertuanya mengatakan, kalo saya ikut dalam usaha ini, maka kamu harus ikut aturan saya (aturan keuangan beliau).

Dan dengan manajemen keuangan yang bagus, usaha beliau terus berkembang, memiliki karyawan, dan dapat membeli tanah lagi untuk kandang kambing dan tentunya membeli rumah untuk keluarga kecilnya.

Apa saja yang beliau lakukan?

Pertama beliau konsisten melakukan aktivitas marketing salah satunya promosi ke target pasar yang tepat. Beliau banyak pasang iklan di beberapa perumahan atau daerah yang padat penduduk. Dan setiap bulan ada budget khusus untuk ini, menurut kawan saya yang mencetak berbagai keperluan promosi beliau, setidaknya sebulan habis 1-2 juta untuk materi promosi. Sebenarnya yang membuat marketingnya berhasil adalah konsistensi menembak pasar yang tepat dengan materi promosi yang tepat pula. Kadang banyak kita seperti tebar jala dimana mana, energi banyak yang terbuang, tapi hasil tidak berbanding lurus.

Kedua, dalam materi promosi yang beliau buat, selalu beliau ceritakan “proposisi nilai” produk yang ia jual dibandingkan dengan produk lain. Contohnya, gratis potong dan antar, gratis souvenir dan sertifikat aqiqah serta risalah aqiqah. Selain itu memang, pasar yang dibidiknya adalah pasar menengah yang masih sensitif dengan harga, untuk itu beliau pasang harga yang masuk akal untuk pasar yang dibidiknya.

Ketiga, disiplin dengan manajemen keuangan. Uang cash adalah darah dalam bisnis, jika banyak kebocoran di sana-sini uang yang kita hasilkan tidak akan tumbuh. Ini menjadi penyakit pengusaha pemula, selalu gagal kendalikan keuangan karena memang mereka gagap keuangan. Bukan sekedar pencatatan yang rapi, tapi juga penyaluran dana yang dimiliki itu yang penting, berapa untuk modal, berapa untuk pengembangan usaha, berapa untuk gaji kita, karyawan dan lain lain. Satu lagi yang penting, pisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Alurnya omzet >> Profit >> Cash >> Free Cash/ income.  Jika ada dana yang ingin dinikmati dari hasil usaha, nikmati free cachnya, bukan omzetnya. 

Inilai sedikit cerita tentang Inspirasi Bisnis : Kambing Aqiqah, 50 Ekor Sebulan, seorang teman saya yang mau belajar, konsisten dan disiplin. Membangun usaha kambing aqiqahnya, mulai dari nol dan sekarang dapat memperoleh profit sekitar 15 juta perbulan. Semoga ada manfaatnya. Salam

Senin, 16 Maret 2015

Belajar Berbisnis : apa saja yang harus dipelajari?

Belajar Berbisnis : apa saja yang harus dipelajari? - belajar bisnis untuk pemula 082366380788 bersama Bag Kinantan - Banyak orang hari ini ingin sekali memiliki bisnis, bahkan yang sudah berprofesi sebagai karyawan tetap mencari celah untuk dapat juga memiliki bisnis. Baik dengan usaha sampingan atau join dengan orang lain. Tapi, berbisnis itu bukan sekedar kita menjual barang. Kata bisnis jauh lebih luas dari sekedar menjual barang. Bisnis itu tentang bagaimana kita memiliki usaha yang dapat berjalan sendiri dengan atau tanpa adanya kita. untuk itu apa yang harus dipelajari agar kita dapat membangun sistim bisnis yang baik?

belajar bisnis bersama bag kinantan - 082366280788

Setidaknya ada 4 hal yang harus kita pelajari, saat akan membangun sebuah bisnis

Belajar tentang Marketing

Saya selalu menempatkan hal ini di awal, walau sebenarnya dalam buku bisnis, marketing diletakkan pada bagian kedua. Pada posisi pertama ada keuangan. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, untuk memulai kita butuh pengetahuan tentang marketing, dan untuk besar kita harus kuasai keuangan.

Marketing berkenaan dengan bagaimana menciptakan permintaan, bagaimana mengomunikasikan nilai nilai yang terkandung dalam produk kepada calon konsumen kita. Bberbeda dengan penjualan, penjualan adalah ujung dari proses marketing. marketing ibarat peta yang membantu penjualan agar dapat bekerja tepat sasaran. Begitu pentingnya bagian marketing, sampai ada yang mengatakan bahwa marketing adalah penyuplai darah dalam bisnis, tanpa marketing tidak ada darah, artinya sebuah kematian.

Belajar tentang Keuangan

Bagi seorang pebisnis, pengetahuan tentang uang menjadi mutlak harus dikuasai. Tanpa pengetahuan ini, bisnis anda akan jalan ditempat atau bahkan mati. Kalau marketing adalah sumber darah, keuangan menjadi pengatur distribusi darah agar setiap bagian tubuh bisnis mendapat asupan energi yang merata. Setidaknya ada 3 hal juga yang harus dipahami oleh kita terkait keuangan adalah bagaimana menyusun dan menerjemahkan laporan laba rugi, proyeksi arus kas dan neraca. Tiga laporan keuangan ini akan membantu kita menganalisis sejauh mana kesehatan bisnis kita. Karena kadang ada bisnis yang memiliki penjualan besar, omzet besar tapi tidak punya uang, alias laba rendah atau malah minus karena banyak sekali piutang dagang.

Biasanya yang paling mudah untuk melihat kinerja sebuah bisnis adalah kinerja keuangannnya. gagal kelola keuangan bisa membunuh bisnis. Dan kesalahan dalam mengelola keuangan adalah salah satu kesalahan fatal bagi pengusaha pemula. 

Belajar tentang Manajemen Operasi

Nah, kalo ini kita akan banyak belajar tentang bagaimana mengendalikan operasi bisnis, terkait rantai nilai, pengendalian produksi (jika ada), manajemen persediaan, manajemen permintaan dan lain lain. kesemua ini akan membuat kinerja pelayanan kita kepada pelanggan menjadi lebih baik. pelanggan lebih senang dengan pelayanan yang responsif, cepat tanggap, dan memiliki empati. di dalam bagian ini kita juga akan belajar tentang manajemen sumber daya manusia (SDM), bagaimana kita melihat bahwa SDM adalah aset perusahaan yang harus dijaga dan dikembangkan.

Belajar tentang Hukum

Untuk lebih besar lagi, sebuah usaha harus berbadan hukum, agar lebih banyak pasar yang dapat dilayani, otomatis akan lebih banyak order yang akan dikerjakan. apalagi jika berhubungan bisnis ke bisnis, Badan hukum menjadi salah satu syarat mutlak dan ini akan meningkatkan kredibilitas kita sebagai pengusaha.

4 hal di atas adalah hal - hal pokok yang harus kita kuasai jika ingin membangun bisnis yang berumur panjang. semoga artikel Belajar Berbisnis : apa saja yang harus dipelajari? dapat membantu kita dan menginspirasi. terimakasih, salam.

Inspirasi Bisnis : Sukes Bisnis Jamur Tiram Olahan

Inspirasi Bisnis : Sukes Bisnis Jamur Tiram Olahan - Belajar Bisnis untuk Pemula bersama Bag Kinantan  Whatsapp 082366380788 / bbm 79184C71 - sebut saja namanya Bang Is, beliau tinggal di sebuah daerah di kabupaten langkat sumatera utara. sehari hari beliau memiliki usaha budidaya jamur tiram. dalam sehari, tidak kurang 40-60 kg jamur tiram beliau distribusikan ke beberapa daerah di sekitar langkat dan Medan. Bahkan pasarnya hingga ke aceh tengah (takengon).

belajar bisnis jamur tiram - belajar bisnis untuk pemula 082366380788 - bag kinantan


sudah 5 tahun beliau menjalani hari-harinya sebagai petani dan pemasar jamur tiram. Jamur Tiram yang beliau jual didapatkan dari rekanannya yang menyediakan baglog dan jamur tiram segar. Namun, namanya usaha, selalu ada masa naik dan ada masa turun, tinggal bagaimana kita sebagai pengusaha menyiasati kondisi tersebut agar pemasukan tetap stabil.

Jamur Tiram memang sekarang sudah menjadi makanan yang cukup populer, terlihat dengan makin banyaknya penjual makanan olahan berbasis jamur tiram ini. Contoh yang paling umum adalah banyaknya penjual jamur krispi di beberapa sudut kota. begitu juga dengan pertumbuhan petani jamur tiram yang terus meningkat.

Kembali ke cerita bang is tadi, untuk menyiasati turunnya permintaan jamur tiram segar, beliau mengolah hasil panen jamur tiram menjadi jamur krispi. Berbeda dengan produk jamur krispi pada umumnya yang di suwir, lalu diolesi tepung kemudian di goreng, jamur krispi milik bang is ini tidak di suwir, daun jamur tiram yang lebar itu dipipihkan kemudian di masukkan ke dalam adonan tepung dan di goreng. hasil jamur krispi bang is ini lebih tahan lama di bandingkan jamur krispi biasa.

Beliau menjual jamur krispinya per buah Rp. 1000 dalam sehar beliau sanggup menjual hingga 1000 buah jamur krispi. Untuk menjual produk ini, beliau dibantu tenaga Reseller yang jumlahnya 10 orang. dengan sistem bagi hasil, para reseller mendapatkan potongan 30% dari harga jual.

Dan sekarang, bang is lebih fokus mengembangkan usaha olahannya karena dari resiko jauh lebih kecil dari menjual jamur tiram segar dan dari segi keuntungan usaha ini jauh lebih baik dari menjual produk segar, karena sudah ada value added yang diberikan untuk produk mentahnya.

Dari cerita di atas, saya ingin mengatakan bahwa, untuk memulai bisnis itu tidak dibutuhkan ide yang njelimet, yang sederhana, dibutuhkan orang (ada pasarnya), modifikasi produk yang sudah ada, perbaiki kekurangannya, segera mulai. seperti dikatakan bob sadino (alm), bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai bukan dibicarakan.

Inilah Inspirasi Bisnis : Sukes Bisnis Jamur Tiram Olahan, seorang teman saya menjalankan ide sederhananya, namun memberikan keuntungan yang lumayan banyak. semoga dapat menginspirasi kita semua. salam






Jumat, 06 Maret 2015

7 Alasan Kita Gagal Sukses di Area keuangan

Saya menemukan 7 alasan yang menyebabkan kita selalu gagal sukses dalam keuangan -  di sebuah buku yang ditulis oleh Coach Tom Mc Ifle. Beliau juga mengutip apa yang disampaikan oleh Tony Robbins, seorang coach peak performance. Artikel ini juga bersesuaian dengan sebuah artikel lain yang ditulis oleh Brian Tracy, tentang 5 hal yang menyebabkan kita tidak pernah merasakan apa itu kekayaan seumur hidup kita. insyaAllah jika ada waktu saya share kepada kawan kawan.

gagal sukses dalam keuangan - 082366380788/ 79184C71

7 alasan yang menyebabkan kita selalu gagal sukses dalam keuangan adalah :

1. Kebanyakan kita yakin bahwa memiliki uang adalah sesuatu yang negatif

Pikiran negatif tentang orang kaya yang biasa muncul adalah pelit, sombong, menindas orang miskin, hasil korupsi dan seterusnya. Pikiran ini menggiring perilaku kita untuk tidak menjadi orang kaya, apa lagi kalo ini sudah tertanam dalam pikiran bahwa sadar, nasib kita tidak akan jauh berbeda dengan apa yang kita yakini tadi. Padahal tidak semua orang kaya itu pelit, sombong, korupsi dan sebagainya. Mungkin karena kebanyakan nonton sinetron, pikiran kita digiring kesana. Saya banyak menemukan orang kaya yang baik, tidak pelit, dermawan, tidak sombong dan tidak dari hasil korupsi. Walau mereka kaya, mereka tetap tampil sederhana, membaur dengan banyak orang. Dan sedihnya saya juga menemukan banyak orang miskin yang sombong, nah lo. Memiliki banyak uang bukan sebuah aib, selama kita mampu mengendalikan si uang untuk kegiatan yang positif.

2. Kita tidak merasa bahwa memiliki kekayaan adalah sebuah kerharusan

Kalau kita tidak membangun kekayaan kita, maka sebenarnya kita sedang membangun kemiskinan kita sendiri. Kita harus kaya, itu haru kita tanamkan kedalam pikiran kita. Memang uang, kekayaan bukan segalanya, namun banyak hal membutuhkan uang sebagai alat tukarnya. Bukankan enak jika kita memiliki kecukupan dalam finansial, apalagi ditangan orang orang baik. Uang itu akan banyak manfaatnya terutama untuk membantu sesama.

3. Kita tidak punya strategi

Untuk yang satu ini saya juga merasa bahwa saya terlambat, jika strateginya benar sejak dulu mungkin saya sudah kaya raya. Strategi yang paling gampang hanya menabung, itupun harus disunat lagi oleh biaya biaya. Strategi untuk kaya bisa anda kuasai jika anda menguasai uangnya, bukan dikuasai uang. Sering kali para pelatih bisnis mengatakan bahwa buat uang anda bekerja untuk anda. Perbanyak aset yang menghasilkan uang kas pada anda, serta tekan liabilitas anda.  Pertanyaannya memperbanyak aset bagaimana, menekan liabilitas bagaimana? Nanti kita obrolin lagi insyaAllah.

4. Terlalu mengandalkan apa kata orang

Mempercayai apa yang dikatakan orang lain tidaklah salah, kalau kita memiliki keputusan sendiri. Ambil keputusan bukan karena percaya perkataan orang lain, tapi buktikan sendiri. Yang paling umum saya temukan saat saya memutuskan untuk memulai usaha sendiri, dan tidak mau bekerja diperusahaan orang lain adalah “usaha itu sulit, lebih banyak orang yang rugi dari untung.” “kalau rugi bagaimana?” dan perkataan itu semua saya jawab memang usaha itu sulit, tapi bisa dikendalikan kok. Memang usaha itu berpotensi rugi, tapi kalo untung juga enak kok. Mungkin kebanyakan kita melihat contoh orang yang gagal, coba diambil contoh orang orang sukses, kan pertanyaannya mungkin beda.

5. Ketagihan menerima gaji

Ada dua tipe manusia, pertama menghindari sengsara, kedua mengejar nikmat. Masalahnya ada yang menghindari sengsara asal tidak sakit. Atau mengejar nikmat asal tidak kekurangan. Yang saya sebutkan 2 terakhir itu sama sama berada pada zona nyaman, tidak berani melakukan terobosan. Jadi orang gajian juga bukan aib, seperti dikatakan kawan saya, mereka seperti membatasi rejeki yang Tuhan siapkan untuk mereka, padahal potensi rejekinya tidak terbatas, tapi mereka hanya mengambil ‘sebagian’ saja dan itu disebut gaji. Kalau saja mereka mau melakukan sedikit terobosan, mungkin potensi rejekinya akan meningkat pula.

6. Kena krisis akhirnya menyerah

Krisis ekonomi akan terus terjadi, seperti siklus yang akan terus berputar dan bergilir. Seperti roda berputar, saat seorang merasa sukses ia akan merasa akan sukses selamanya, saat sedang terpuruk ia akan terpuruk selamanya. Karena kegagalan bukan berarti akhir, dan sukses janga sampai terlena.

7. Gagal bersabar dan konsisten

Coach tom pernah menghitung bahwa jika kita bisa menghemat 16000 per hari selama 35 tahun, katakan uang tadi kita tabung di bank dengan suku bunga 8 % pertahun, maka diakhir tahun ke 35 tadi, kita akan mempunyai uang 1 milyar. Sayangnya banyak diantara kita tidak sabar dan tidak konsisten.


Inilah 7 alasan mengapa kita selalu gagal dalam keuangan menurut tony robbins dan saya kutip dari bukunya coach tom mc ifle, big brain big money. Semoga bermanfaat.

Senin, 23 Februari 2015

Sekolah Bisnis

Ada empat jenis sekolah bisnis - yang ada di dunia ini. Keempat sekolah itu memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing.  Jika kawan – kawan mengikuti serial buku – buku Robert T Kiyosaki, keempat jenis sekolah ini sering beliau ulang dalam bukunya. Karena keempat sekolah ini adalah penjelasan dari “ayah kaya” Robert.

sekolah bisnis - bag kinantan - 082366380788


Keempat sekolah bisnis itu adalah sebagai berikut:

1.   Sekolah Bisnis Tradisional
Sekolah bisnis tradisional berada di perguruan tinggi atau sekolah sekolah resmi. Serta menawarkan program dengan gelar, seperti MBA. Biasanya, sebagian besar mereka yang bersekolah di sekolah bisnis dengan gelar MBA adalah mereka yang saat itu sedang menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Mereka berusaha untuk mendapatkan pendidikan tinggi agar dapat mencapai karir yang tinggi dan tentu saja untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Bagi mereka yang saat ini sedang bekerja di perusahaan dan menduduki jabatan strategis, terutama menjalankan roda bisnis, pendidikan ini akan cocok untuk mereka, namun jika anda berpikir untuk membangun bisnis sendiri, kultur dan kurikulumnya mungkin akan sedikit berbeda dengan apa yang anda harapkan.

Saya menemukan anak Jamil Azzaini (trainer nasional) mengambil jurusan teknik industri di jerman, tujuannya ingin menjadi pengusaha tingkat dunia. Berjalan hingga beberapa semester, namun, akhirnya ia memutuskan untuk keluar dan belajar langsung dari pengusaha-pengusaha sukses di indonesia. Seperti disampaikan sebelumnya, bahwa jika kita ingin membangun bisnis sendiri, seringkali kultur dan kurikulum di bangku sekolah tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sekolah memiliki kultur dan kurikulum yang sistematis, cenderung lambat. Sementara jika kita ingin membangun bisnis sendiri, kebutuhan materi belajar sering kali lompat – lompat dan tidak teratur. Sesuai dengan kebutuhan/ kasus yang dihadapi saat itu.

2. Sekolah Bisnis Keluarga

Hari ini banyak muncul pengusaha – pengusaha dan sudah memasuki generasi kedua. Kadangkala si anak yang melanjutkan bisnis keluarga atau si anak membangun bisnis mereka sendiri. Sekolah bisnis keluarga dapat menjadi pendidikan bisnis yang sangat bagus, namun kadang memiliki jebakan juga. Banyak orang tua yang tidak ingin anaknya merasakan pahitnya berbisnis seperti yang pernah dialaminya. Namun, jika orang tuanya mengarahkan si anak untuk berbisnis, seperti kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya.transfer ilmu dan nilai – nilai dalam bisnis menjadi lebih mudah.

Ada seorang kawan saya, usianya antara 20-30 tahun, namun hari ini sudah mengelola perusahaan dengan omzet milyaran perbulan. Keuntungan perusahaan perbulan bisa mencapai 500-700 juta. Sejak kecil ia sudah dibimbing orang tuanya menjadi tangan kanan di perusahaan ayahnya, setelah menikah, ia dirikan perusahaan baru yang sejenis dengan ayahnya namun punya segmen pasar yang berbeda.

Abang saya juga seorang pengusaha, punya 3 anak, beberapa tahun yang lalu ia mengatakan anak-anaknya tidak usah ada yang meneruskan usahanya. Saya katakan, sayang, perusahan sudah sebesar ini tapi gak diteruskan keluarga. Alasan beliau saat itu, kasihan anak-anaknya jika harus menjalani kehidupan keras di bisnis sepertinya. Anak pertamanya saat ini jadi dokter. Tahun lalu saat pulang ke kampung, saya ada kesempatan ngobrol dengan beliau, ternyata anak keduanya diarahkan ke sekolah bisnis, tujuannya untuk menjalankan usahanya saat ini agar tumbuh menjadi lebih modern.

3. Sekolah Bisnis Perusahaan

Hari ini, perusahaan-perusahaan memiliki unit ‘pendidikan’ di internal mereka. tujuan dari bagian pendidikan ini adalah untuk mempelajari produk,strategi, pesaing. Tujuannya juga seperti sekolah bisnis tradisional, agar si karyawan semakin bertambah pengetahuannya dan ini akan berguna bagi karir mereka diperusahaan. Karyawan adalah aset yang akan menggerakkan perusahaan agar terus tumbuh. Untuk itu, sekarang banyak perusahaan berusaha mencari karyawan yang benar-benar cocok dengan perusahaan mereka.

Bagi mereka yang memang miliki niat untuk punya bisnis sendiri, pendidikan – pendidikan di perusahaan ini dapat menjadi modal berharga, selain sertifikat, kita juga mendapatkan pengalaman dan networking, kalau seandainya resign dari perusahaan tersebut. Tapi, pengalaman banyak orang, jika sudah meniti karir di perusahaan bergengsi, agaknya berat untuk keluar dan membangun bisnis sendiri.

4. Sekolah Bisnis di Jalanan

Mungkin inilah sekolah bisnis yang terberat, apalagi jika anda belajar tanpa guru. Seperti dijatuhkan di hutan belantara tanpa peta. Anda harus menemukan jalan keluar seorang diri dengan selamat.  Sekolah bisnis jalanan adalah sekolah yang buruk, guru yang kasar dan pelit dalam nilai. Belum lagi kurikulum yang tidak jelas dan cenderung acak dalam belajarnya.  Kita akan dihadapkan pada ketakutan dan keraguan. Namun, konon katanya sekolah inilah sekolah terbaik jika anda ingin menjadi pebisnis handal. Sekali anda temukan peta dan jalan keluarnya, segala jenis medan dan hutan akan lebih mudah anda taklukkan. Untuk bertahan di sekolah ini anda harus punya dua syarat awal, sabar dan gigih, agar proses pencarian jalan itu terus berlangsung walau anda sudah bertemu jalan buntu berkali kali. Karena kita yakin, jalan itu akan terbuka.

Demikianlah 4 sekolah bisnis yang ada di dunia ini, anda bebas memilih untuk memulai sekolah dari mana, tidak ada yang terbaik dan terburuk, namun sesuaikan dengan diri anda, agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Sekali lagi, semua punya kelebihan dan kekurangan. Sesuaikan dengan diri anda, sekolah bisnis seperti apa yang cocok untuk anda.

Semoga bermanfaat