Senin, 02 Mei 2016

Studi Kasus : Jual Madu Hutan Asli Riau


Beberapa waktu yang lalu kami berkesempatan belajar bagaimana menjual via internet. Bagaimana menemukan kata kunci yang tepat untuk produk jualan kami. Dan kebetulan kami menjual madu hutan asli sumatera dan membuka peluang usaha/ kerjasama baik sebagai agen, reseller atau yang ingin maklon madu pun bisa kami sediakan (detail info di 0823 6638 0788). Produk utama kami adalah madu hutan asli sumatera yang berasal dari hutan sialang riau. Bagi sebagian orang, produk madu hutan riau terutama yang dari hutan sialang sudah tidak asing lagi.




Dalam seminar kemarin, kami mendapatkan beberapa materi tentang seo, bagaimana mengoptimisasi iklan yang kita pasang di berbagai media, mulai dari iklan baris, sosmed, hingga web. Dan memang saat ini kami sedang mengembangkan web khusus untuk produk madu kami di refillmadu.com. melalui web ini kami akan mencoba menawarkan beberapa paket kerjasama/ peluang usaha mulai dari reseller madu, agen/ distributor produk madu. Kami mencoba untuk menyederhanakan persyaratannya. Sehingga teman  - teman yang tertarik memulai usaha, terutama usaha rumahan dapat bergabung menjadi bagian keluarga refillmadu.com.


Web refillmadu.com memang sudah berusia lebih dari satu tahun, namun karena beberapa hal, web ini belum 100% jadi. Dan dalam bulan bulan ini diharapkan web ini bisa running 100%. Di dalam web ini nanti selain peluang reseller, agen, distributor dan maklon madu. Kami juga menyediakan program affiliate. Berbeda dengan program affiliate yang lebih banyak ke produk digital, di refillmadu, kami menyediakan produk fisik.

Kembali ke seminar bagaimana menjual produk kita secara online. 


Ada beberapa hal memang yang harus diperhatikan, dan yang paling utama adalah pemilihan kata kunci yang akan kita gunakan. Kata kunci adalah kata  - kata yang digunakan oleh calon konsumen yang mencari informasi di mesin pencari google.co.id. nah, untuk kasus ini maka gunakan sudut pandang konsumen, bukan sudut pandang kita sebagai penjual.


Misalnya, kami sebagai penjual madu online, maka kata  - kata yang akan kami ketikkan di kolom mesin pencarian bakal berbeda dengan apa yang akan diketikkan oleh konsumen. Untuk itu, posisikan diri kita sebagai konsumen yang hendak mencari informasi seputar produk yang kita jual. Oleh karena itu, pengetahuan kita soal produk kita menjadi penting.


Pengetahuan Produk


Bicara pengetahuan produk, semisal produk madu. Maka ada banyak sekali kata  - kata yang kemungkinan akan dituliskan oleh para calon konsumen. Contoh : manfaat mengkonsumsi madu, Khasiat madu hutan, jual madu hutan asli riau di medan (jika kita tinggal di medan dan ingin mencari produk madu di medan), peluang usaha madu (jika kita ingin mencari peluang usaha madu). Atau jika anda ingin mencari suplier madu, bisa mengetikkan suplier madu di Lampung (jika mencari sulier di Lampung). Atau jika anda tertarik untuk maklon madu, kita dapat juga menuliskan maklon/makloon madu.


Gali sebanyak mungkin peluang kata kunci yang akan digunakan oleh calon pembeli. Dan google sendiri sudah memberikan rekomendasi kata kunci yang paling sering digunakan orang dalam mencari informasi di mesin pencari google. Biasanya jika kita mengetikkan sesuatu di kolom pencarian, maka akan ada “suggest” yang diberikan google kepada kita. Kita dapat menggunakan kata  - kata ini sebagai kata kunci turunan yang ingin kita kembangkan ke dalam bentuk artikel atau deskripsi foto misalnya.


Mengapa suggest ini muncul? Suggest ini muncul dikarenakan masyarakat yang mencari informasi itu sudah sangat banyak. Oleh google data itu tersimpan dan dijadikan masukkan untuk kita yang sedang mencari informasi.


Ada 3 hal yang bisa kita lakukan jika ingin artikel/ iklan yang kita pasang di web kita memiliki peringkat yang baik di google. Ini hanya tips yang saya dapatkan bagaimana menulis artikel yang mudah dikenali mesin mencari. Ada banyak cara, tapi ini yang paling dasar perlu kita ketahui.


Pertama, JUDUL, gunakan kata kunci sebagai judul. Robot google akan mencrawl setiap web dan yang pertama sekali ia kenali biasanya judulnya. Sesuaikah judul artikel kita dengan kata yang diketikkan orang yang mencari informasi di mesin pencari. Seperti yang kami lakukan melalui contoh artikel ini adalah “Jual Madu Hutan Asli Riau”. Benar, kami ingin menembak kata kunci madu hutan asli riau. Dan dikhususkan lagi untuk mereka yang mencari informasi tentang penjual produk madu. Ada dua kemungkinan, ingin konsumsi sendiri atau ingin mencari suplier madu terpercaya.

 Kedua, alamat URL, di kolom alamat url, biasanya akan muncul, namaweb.com/judul artikel. Jika judul kita terlalu panjang, secara otomatis akan dipendekkan. Namun kita tetap bisa menggunakan seluruh judul sebagai alamat url artikel kita. Untuk pengaturannya bisa dipelajari nanti. Dan pastikan ada kata kunci di alamat url, jika sama dengan judul itu lebih baik.

Ketiga, ada kata kunci di setiap paragraf yang kita tulis. Misal kita ingin menembak kata kunci madu hutan asli riau, maka kita perlu mencari kata kunci turunan di google, terutama yang masuk sebagai suggest dari google. Lalu kita tebar kata kata kunci itu di dalam artikel kita.

Satu hal terakhir yang dapat kami sampaikan adalah susunlah artikel sebaik mungkin sehingga enak untuk dibaca. Pembaca artikel kita tetap harus menjadi target utama. Bukan sekedar mengejar rangking di mesin pencari. Kadang kepercayaan konsumen muncul dari kualitas informasi yang kita berikan kepada mereka. okelah, jika artikel kita di halaman pertama, namun saat dibuka ternyata gak enak di baca, web kita akan langsung ditinggalkan.

Saat ditinggalkan, kepercayaan calon konsumen menjadi menurun. Apalagi saat ia tidak sempat membaca nomor kontak yang kita berikan. Peluang closing semakin kecil. Untuk itu saran kami, jangan kecewakan calon konsumen yang datang ke web kita dengan kualitas artikel yang rendah.
 
Demikianlah sedikit pengalaman yang kami dapat dari seminar menjual secara online, dikarenakan kami menjual madu hutan asli riau, maka kami jadikan itu sebagai contoh kasus. Bagi teman  - teman yang tertarik dengan peluang bisnis madu, yang bisa dikerjakan dari rumah. Bisa kontak nomor admin refillmadu di 0823 6638 0788 atau pin bbm 545545B5, semoga dapat membantu mencarikan solusi peluang usaha untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.