Minggu, 10 April 2016

Peluang Usaha Rumahan : Ber - Bisnis Madu


Ternyata sudah lama juga tidak menulis di sini, ada banyak kegiatan baik online maupun offline yang harus kami kerjakan. Pada kesempatan kali ini kami akan bercerita tentang salah satu usaha yang dimiliki oleh kawan kita. Ia memulai bisnis ini disaat kondisi habis bangkrut di dua usaha sebelumnya. Berbekal pelajaran dari kegagalan sebelumnya, ia kembali melangkah. Setelah diskusi dengan temannya tentang peluang usaha madu, ia memutuskan untuk memulai bisnis madu dari rumah.

Madu Hutan asli Sumatera

Kita semua pasti tahu bahwa madu adalah makanan terbaik di dunia. Memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan. Itulah yang menjadi motivasinya dalam menjalankan bisnis ini. Produk madu adalah produk legend yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Selain itu, teman saya ini melihat trend pencarian madu di mesin pencari google juga tinggi. Artinya produk madu masih memiliki peluang yang bagus.

Memulai dengan 100 ribu

Kebangkrutan yang ia derita menyebabkan ia harus menanggung hutang yang tidak sedikit, modal habis. Walau ia masih bisa menghubungi beberapa investornya, ia memutuskan untuk kali ini ia ingin membangun usaha madu ini dengan menggunakan modal sendiri. Untuk itu, ia memulai bisnis madu ini dengan menggunakan modal seadanya. 100 ribu rupiah.
Berbekal 100 ribu ini ia belikan dua botol madu hitam pahit yang waktu itu sedang trend, karena memiliki banyak manfaat dan memberi efek yang lebih cepat daripada madu hutan murni. Dan 2 botol lakuk, ia belikan 3 botol dan seterusnya. Sampai datanglah beberapa orderan dari berbagai kota. Kebetulan teman saya ini hanya menggunakan Facebook sebagai media promosinya.
         Setahun lamanya ia bergelut dengan penjualan online hanya melalui akun personal facebook. Penjualannya tidak terlalu istimewa, karena memang yang ia pahami dari berjualan di Facebook hanya dengan menampilkan gambar dan ada kalimat call to action –nya serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Ternyata itu saja tidak cukup.
Ia mendapat arahan dari temannya yang kebetulan lebih dulu memahami bagaimana menjual. Baik secara online maupun offline berbasis teknologi pikiran. Ia coba aplikasikan ilmu yang ia dapat dari temannya itu ke bisnis madu hutan yang sedang ia rintis ini. Hasilnya lumayan, penjualan meningkat hingga 5 kali lipat.

Melangkah lebih Jauh

Dunia penjualan adalah dunia yang paling dinamis, selalu ada terobosan baru dalam dunia penjualan. Apalagi dengan bantuan teknologi memaksa setiap pengusaha untuk bekerja lebih cepat dari sebelumnya. Termasuk teman kita ini, mau tidak mau, jika ia ingin terus eksis di bisnis madu ini, maka ia harus melakukan inovasi dalam penjualannya.
Namun, semua butuh biaya. Ini yang sering kami sampaikan bahwa untuk memulai bisnis kita dapat memulainya dengan tanpa modal, namun untuk naik kelas, sebuah bisnis tetap membutuhkan suntikan tambahan modal cash.
Berbekal pengalaman menjual selama beberapa bulan sebelumnya, ia tuliskan proposal peluang kerjasama bisnis madu, ia menamai usahanya dengan refillmadu. Dari pengalaman cashflow sebelumnya ia menemukan bahwa usahanya ini akan memberikan keuntungan sebesar sekian persen setiap bulannya, tergantung kinerja. Ia ingin usahanya berkah, untuk itu ia menghindari riba, ia gunakan prinsip bagi hasil dalam usaha yang ia tawarkan ke beberapa investor.
Alhamdulillah, kepercayaan teman  - temannya cukup tinggi, ia mendapatkan suntikan dana dari 11 orang teman, yang tersebar di seluruh indonesia, bahkan ada yang dari taiwan (seorang TKI).
Maka dikembangkanlah proses penjualan dalam bisnis madu yang ia namai refillmadu. Ia kemudian mencoba mengembankan web untuk menunjang penjualan (masih dalam pengerjaan) yatu refillmadu.com dan mencoba membangun tim reseller.
Dan saat ini, kawan ini memiliki beberapa produk unggulan yang ia jual,
  1. Madu hutan riau atau yang biasa disebut madu hutan sumatera.
  2. Madu Langsing, madu untuk menurunkan berat/ melangsingkan badan
  3. Madu gemuk, madu untuk menambah berat badan
  4. Madu For Mama, madu untuk meningkatkan jumlah produksi asi bagi ibu menyusui
  5. Madu Penyubur kandungan, cocok untuk pasutri yang ingin memiliki momongan
  6. Madu Gemuk Anak, Madu khusus untuk meningkatkan nafsu makan anak dan meningkatkan kecerdasan.
  7. Madu Hitam Pahit, madu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Dan beberapa produk madu lainnya.

Dan melalui usaha ini, kawan kita ini ingin menawarkan peluang kerjasama bisnis, bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. Ya, bisnis rumahan, karena proses penjualannya dilakukan dirumah. Ada 3 peluang yang ditawarkan  kawan kita ini:

1     1.       Peluang usaha Keagenan Madu Hutan
                Untuk produk ini, ia memberikan 3 pilihan bentuk usaha
-     Makloon Madu, artinya kita sebagai agen dapat memesan Madu dalam kemasan yang telah dilabeli dengan Merk kita sendiri. Misalnya si A ingin madu hutan bermerk Al Hafizh, maka nanti kawan ini akan mencetakkan label madu hutan al hafizh. Tentunya ada minimum order untuk jenis ini.
-     Madu Hutan Curah, untuk jenis ini, teman  - teman bisa membeli madu dalam bentuk curah (jerigenan) yang kemudian dapat kawan  - kawan botoli sendiri dan dijual dengan merk sendiri juga.
-    Reseller Madu Hutan, untuk jenis ini, teman – teman tinggal menjualkan produk yang sudah disedikan oleh refillmadu.com. bahkan refillmadu.com akan mengirimkan langsung ke alamat anda dengan nama anda sebagai pengirim.

2     2.       Peluang Usaha Reseller Madu yang sudah ditambahkan Herbal
Dari 7 produk yang sudah disampaikan di atas, kita dapat menjadi resellernya. Kita tinggal menyebarkan promosi produk madu tersebut ke jaringan kita. Setiap penjualan kita kan mendapatkan discount mulai dari 20%. Dan persen diskon akan terus ditingkatkan sesuai dengan kinerja penjualan hingga 40%. Syarat menjadi reseller juga sangat mudah.

3     3.       Program Affiliasi Produk Madu
Peluang yang terakhir ini yang menurut kami paling menarik. Kita cukup menggiring trafiik untuk masuk ke link affiliasi kita di refillmadu.com, jika ada pembelian maka kita akan mendapatkan komisi. Program ini yang sedang ramai dibicarakan dalam dunia penjualan online.

Akhir kata, bisnis madu memang menarik, selain ia adalah produk legend, semua orang sudah tahu manfaat madu bagi kesehatan. Jadi tidak dibutuhkan banyak efoort untuk menjualnya. Selain itu, ami juga menemukan bahwa bisnis madu adalah bisnis dengan kestabilan harga jual yang sangat tinggi. Walau sudah lumayan berdarah, pasar madu tetap sensitif dengan harga, mereka akan kritis dengan madu yang dijual dengan harga murah. Mereka akan berpikir bahwa madu yang kita jual adalah madu palsu.
Dan berdasarkan penuturan kawan kita ini, bisnis madu akan tetap manis. Hingga beberapa tahun ke depan, ditambah dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam, artinya lebih banyak mengonsumsi makanan alami.
Semoga artikel tentang peluang usaha madu hutan ini dapat menjadi inspirasi bagi kita yang ingin memulai bisnis dari rumah. Madu dalam kemasan dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Jika ingin berkonsultasi soal bisnis madu hutan dan lainnya dapat hubungi no Wa 0823 6638 0788 atau BBM : 545545B5.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.