Selasa, 10 November 2015

Bisnis Modal 5 juta Rupiah

Ketika awal - awal lulus kuliah saya menyusun sebuah daftar, beberapa bisnis  dengan modal 5 juta rupiah. Dalam daftar itu saya menulis ada paling tidak 20 jenis usaha yang bisa saya kerjakan karena modalnya berkisar 5 juta rupiah saja.

Bisnis modal 5 juta rupiah

Menjelang wisuda, waktu itu ada jeda antara tanggal kelulusan dengan wisuda hingga 2 bulan lamanya. Saya diminta PEMA USU yang bekerjasama dengan KADIN Pusat menyelenggarakan seminar wirausaha, untuk jadi moderatornya. Pembicara kala itu dari malang dan medan. Keduanya pengusaha,satu bisnis jamur tiram, kedua bisnis bahan - bahan burger.

Pengusaha dari malang itulah yang menginspirasi saya untuk menjalani bisnis. Walau niat sudah ada, tapi dalam seminar inilah saya akhirnya memutuskan untuk berbisnis.

Kembali ke bahasan, bisnis modal 5 juta rupiah. Akhirnya saya memulai bisnis saya sendiri, yang pertama adalah usaha susu keledelai. Saya beli kedelai lalu saya olah menjadi susu kedelai. Modalnya kala itu tidak sampai 2 juta.

Saya beli blender, kain saringan tahu, beberapa baskom dan sendok pengaduk. Untuk kompor saya pinjam punya ibu saya. Selebihnya untuk modal kerja.

Saya bangun jam 3 pagi, merebus air, blender kedelai, menyaring lalu memasak susunya hingga saya kemasi satu satu. Selepas sholat subuh saya berangkat ke pasar menjajakan produk saya.

Bisa dikatakan usaha ini gagal awalnya. Saya cari apa masalahnya, ternyata saya salah membidik pasar.

Setelah saya ganti target pasar, alhamdulillah usaha ini mulai menuai hasil, paling tidak sekitar 100 bungkus susu kedelai perhari berhasil saya pasarkan. Kepada siapa saya memasarkannya? Saya bidik pasar siswa SD (produk : susu kedelai beku) dan SMA (produk : susu kedelai hangat dan dingin)

Ini usaha pertama saya dan akhirnya saya tinggalkan karena saya mau fokus ke bisnis jamur tiram.

Sementara ini dulu artikel pembuka diskusi bisnis modal 5 juta rupiah. Pada kesempatan selanjutnya saya akan ceritakan kegagalan bisnis saya berikutnya, kok kegagalan? Biar kita bisa belajar bersama.

Kalau mau baca baca 11 kesalahan yang saya lakukan dulu, silahkan donlot ebook gak pentingnya di rata.in/11kesalahan
Sampai jumpa di artikel selanjutnya

4 komentar:

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.