Rabu, 11 November 2015

Bisnis Modal 5 Juta - Jamur Tiram

Artikel ini adalah lanjutan artikel Bisnis Modal 5 Juta sebelumnya.

Bisnis modal 5 juta jamur tiram

Menjadi pengusaha bukanlah kebiasaan keluarga besar ibu saya. Sepupu saya lebih dari 50 % adalah pegawai negeri sipil dan sisanya pegawai swasta. Ditambah obu saya dan saudaranya adalah PNS seluruhnya. Jadi untuk menjalani hidup sebagai pengusaha adalah sesuatu yang janggal.
Selepas kuliah saya memutuskan untuk meniti karir sebagai pengusaha, saya tidak mendapat dukungan dari keluarga besar ibu saya, termasuk ibu saya sendiri.

Ketika saya memulai usaha susu kedelai saya, ibu saya sampai menangis. Anak yang di sekolahkannya susah payah, hanya memilih untuk jualan susu kedelai. Bukan profesi yang membanggakan. Harapannya paling tidak jadilah karyawan...

Sembari menjalani usaha susu kedelai saya membuka buku catatan lama saya. Catatan berisi 20 usaha modal 5 juta rupiah. Saya menemukan bisnis jamur tiram.

Saya pelajari.

Kali ini saya dapat suntikan dana 5 juta rupiah dari bibi saya. Uang 5 juta inis aya belanjakan untuk pembuatan kumbung jamur dan pembelian baglog jamur tiram.

Ini kesalahan dalam memulai usaha.

Usahanya berjalan, cuma lambat sekali. Jamur tiram saya berjumlah 500 baglog sehari panen rata rata 2 kg, harga jual 12000 rupiah per kg. Waktu itu tidak seperti sekarang, jamur tiram bukanlah produk yang populer. Saya setiap hari sms ke 40 kontak dalam hape jadul saya.

Agaknya pembeli saya dulu kasihan ke saya, lalu mereka beli jamur saya.
Pelan - pelan usaha ini terus berkemban, dari kumbung kapasitas 500 baglog menjadi kapasitas 5000 baglog. Karyawan 4 orang. Tapi, kesalahan berikutnya terjadi. Walau sudah punya omzet mencapai 1,2 juta perhari. Usaha ini saya tutup akhirnya.

Hal yang ingin saya sampaikan disini adalah pertama, memulai usaha pastikan ada pasarnya, karena jika tidak effort nya lebih besar. Terutama untuk edukasi pasar. Kedua, kuasai ilmu keuangan. Gagal kelola keuangan akan buat usaha kuta cuma berumur jagung. Ketiga, Fokus, jangan mendua apa lagi meniga.

Demikian artikel sederhana bisnis modal 5 juta tentang usaha jamur tiram saya yang sukses saya tutup akhirnya. Dalam artikel selanjutnya saya mungkin masih bicara bisnis modal 5 juta rupiah, kali ini kasusnya cetak digital milik saya yang juga sukses ditutup kemarin...hehe. stay tune.

2 komentar:

  1. Menunggu artikel selanjutnyaaa!

    BalasHapus
  2. Salam kenaal kang, terima kasih artikel-artikel nya.
    Suami saya sedang menekuni bisnis jamur merang.
    Semoga saya bisa menjaga bagian manajemen sepaya bisnis kami tak seumur jagung.

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.