Kamis, 01 Oktober 2015

Kelas Online : Gazebo Review Bisnis

Kelas Online - GazeboReviewBisnis. Sebelumnya saya sampaikan banyak terimakasih kepada teman – teman yang sangat antusias di status saya tentang #gazeboreviewbisnis. Sebelumnya saya akan sedikit memberikan gambaran tentang hal ini.


kelas online review bisnis



MODAL UANG adalah kendala utama bagi banyak calon pengusaha untuk memulai usahanya. Mereka terhenti saat dihadapkan dengan situasi permodalan. Walau sebenarnya ada banyak alternatif yang bisa dikerjakan untuk mengakali permasalahan ini. Contoh yang paling gampang adalah datang ke Bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun, seiring pengetahuan masyarakat yang makin tercerahkan, mereka menghindari Bank atau lembaga keuangan karena MENGHINDARI RIBA, betul kan?

Seperti kita tahu bahwa Riba selain tidak berkah, juga membunuh banyak usaha, terutama yang baru dirintis.

Saya teringat ketika awal – awal memulai usaha dulu. Selepas kuliah di Medan, saya kembali ke kampung halaman lalu memulai usaha sendiri. Modal? Saya pinjam koperasi (berbunga) dan usahanya berhasil ditutup kemudian. Selanjutnya saya menanggung hutang.

Lalu, untuk usaha berikutnya saya pinjam dari keluarga. Hihi, dalam banyak tips pemodalan dikatakan selain dari lembaga keuangan kita bisa memulai dari keluarga terdekat. Pinjam uang mereka lalu janjika bagi hasil. Lagi lagi karena saya salah dalam memanajemennya, usaha ini gagal lagi.

Dan kemudian saya memberanikan diri menyusun proposal usaha yang akan saya tawarkan ke teman – teman saya. Saya ajak aja mereka investasi di usaha yang saya rintis. Berbekal ilmu studi kelayakan, sedikit ekonomi teknik, analisa biaya dan marketing di kampus, saya susun sebuah proposal usaha. Berhasil juga, karena syukurnya teman – teman saya percaya ke saya.

Saat pindah ke Medan lagi, model ini saya pakai lagi untuk mengumpulkan modal. Perlu diketahui saya di awal menikah bangkrut, usaha saya tutup dan merugi. Saya susun lagi proposalnya, saya kirimkan ke beberapa orang, cair mulai dari 5 – 10 juta per orang. Bahkan ada pengusaha di medan yang memberikan tanah dan uangnya ke saya, tanah 1 Ha dan uang 85 juta rupiah.

Hingga usaha saya yang terakhir ini (www.refillmadu.com) saya tetap menggunakan uang investor. Jadi, selama ini bisa dikatakan saya memulai usaha selalu dengan modal dari orang lain.

Dan tidak ada alasan TIDAK ADA MODAL untuk memulai usaha kan? Yang kita butuhkan hanya IDE dan KEBERANIAN, serta sedikit pengetahuan dalam menyusun proposal bisnis atau review bisnis.

=======

Berangkat dari pengalaman itulah saya berpikir untuk menyebarkan pengetahuan ini ke kawan – kawan agar tidak ada lagi yang mengeluhkan masalah modal usaha. Memang setelah modal didapatkan kita punya PR besar, yaitu memastikan investasi tadi menguntungkan. Untuk itu, saya akan membantu anda mempelajari sedikit dasar – dasar manajemen usaha.

Kegiatan ini saya namai GazeboReviewBisnis, seperti namanya Gazebo, tempat kita duduk santai sambil diskusi.

Dan untuk kegiatan ini, TIDAK GRATIS kawan, saya hanya minta infaq se-pantas-nya dari kawan – kawan. Uang hasil infaq kawan – kawan akan saya salurkan ke lembaga pendidikan yang saya kelola. Sebuah PAUD/ TK MAHABBAH di jalan karya setia Medan Barat, Kota medan, saat ini kami mendidik sekitar 40 an siswa, lebih dari 50% nya dari kalangan keluarga tidak mampu.

Syaratnya hanya itu, jika kawan – kawan setuju dengan syarat INFAQ se PANTAS nya tadi, saya akan masukkan kawan – kawan ke grup belajar ini. Insyaallah akan saya buat di FB.


Silahkan kirimkan pesan ke Facebook saya
WA : 0823 6638 0788

BBM : 545545B5

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.