Kamis, 28 Mei 2015

Bagaimana Mempertajam Memori Otak

Bagaimana Mempertajam Memori Otak - Bag Kinantan - Pernah kelupaan menaruh kunci? Lupa nama orang, walau sudah bertemu berkali kali? Pernah Lupa dengan janji - janji? Jika hal ini terjadi, artinya kita punya masalah dengan memori otak kita. Saat kunci hilang, artinya saat kita meletakkan kunci tersebut, pikiran kita tidak ada di sana (kita memikirkan hal lain). Maka otak kita tidak mendapatkan perintah untuk mengingat. Alhasil, otak tidak menyimpan di tempat yang seharusnya atau datanya tercecer.

mempertajam memori otak

Namun, ada juga yang sudah memperhatikan tapi masih juga lupa. Jika itu terjadi mungkin kita memang kekurangan nutrisi otak, sehingga sirkuit otak kita mengalami kekurangan daya.

Nah, agar ingatan kita menjadi tajam saya ingin membagikan beberapa hal yang membuat ingatan menjadi kacau atau menjadi luarbiasa.

Pengacau Ingatan:

  1. Depresi. menyebabkan menurunnya kadar serotinin dan norepinefrin yang sangat diperlukan otak untuk fungsi mengingat.
  2. Radikal Bebas. Adalah sisa buangan saat tubuh memproses makanan menjadi energi. Radikal bebas disebabkan oleh makanan ( makanan gosong misalnya) atau dari polusi lingkungan.
  3. Ketamin, obat bius hewan. 
  4. Mariyuana
  5. Kafein, amfetamin, dan nikotin. 
  6. Stress, inilah biang pengacau ingatan. saat stres otak akan melepaskan hormon steroid agar mengembalikan keseimbangan,cirinya mudah tersinggung, panik dan susah tidur. 
  7. Kurang tidur. ketika kita tidur, otak mengubah ingatan jangka pendek menjadi jangka panjang, proses ini terjadi saat kita benar benar tidur nyenyak. Tanpa istirahat yang cukup, hormon penting seperti serotinin, norepinefrin dan asetilkolin akan menurun jadinya pelupa...
lalu, apa hubungannya dengan bisnis? hehe, jika mesin pencetak uangnya ngadat, pasti hasilnya pun akan tersendat - sendat. Nah, kalau begitu apa saja pendorong yang membuat memori menjadi lebih tajam?

  1. Pelukan Hangat, otak membutuhkan hormon seperti serotinin dan domapin. ini adalah hormon feel good. kekurangan hormon ini akan menyebabkan depresi, stress kronis yang berdampak pada ingatan. 
  2. vitamin B12, secara spesifik ini disebut sebagai 'makanan otak'. Fungsi B12 ternyata membentuk selubung pelindung pada neuron sehingga dapat dengan mudah mencatat serta menarik kembali ingatan. 
  3. Asetil L Karnitin, dapat dibeli bebas dan secara ilmiah diemukan dalam otak berperan memperbaiki metabolisme energi dan penurunan pembentukan radikal bebas intraseluluer akibat oksidasi asam lemak (uih...bahasanya)
  4. Olahraga, mengubah fisiologi terhadap stress, menciptakan keseimbangan antara istirahat dan fungsi mental. olahraga sangat baik untuk memperbaiki aliran darah ke otak. Meningkatkan kualitas otak secara alamiah dari dorongan hormon alami.
  5. Relaksasi, meditasi, berdoa. Tingkat kecemasan yang tinggi aan menghapus atau mengacaukan ingatan. Relaksasi adalah cara pertama yang diajarkan untuk menurunkan kecemasan. Maka benarlah Rasulullah SAW saat meminta Bilal untuk azan, artinya Rasulullah ingin mengerjakan solat, sabda beliau waktu itu Istirahatkan kami ya Bilal, dengan Sholat. 
nah, itulah tadi beberapa cara Bagaimana mempertajam Memori Otak, kita perlu menjaga aset penting ini agar hidup kita menjadi baik.

*) sumber : buku Big Brain Big Money

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.