Kamis, 02 April 2015

Tips Jualan : Atasi Keberatan Sebelum Muncul

Tips Jualan : Atasi Keberatan Sebelum Muncul - Belajar bisnis buat pemula bersama  Bag Kinantan 082366380788 - "Penolakan adalah sesuatu yang tetap saja ditakuti oleh para sales, walaupun mereka sudah menghadapi berulang kali. Tetap saja saat melihat gejala-gejala konsumen akan menolak membuat kita para sales menjadi 'panik'. Seharusnya tidak demikian." (Baca tulisan lengkap bagian pertama).


menghadapi penolakan : atasi sebelum muncul..


Memblokir Keberatan sebelum diutarakan calon pembeli adalah cara yang cerdas dan sederhana, tapi perlu diterapkan dengan hati - hati. Konsumen biasanya memegang prinsip konsistensi, jika ia sudah mengeluarkan sebuah argumen, ia akan cenderung untuk mempertahankannya. Oleh karena itu, cara praktis di awal adalah memblok kemungkinan pernyataan/ argumen tersebut.


Contoh: Kita sedang berada disebuah dealer motor. Ada sebuah model yang kita sukai, tapi kita sedang berpikir tentang nilai jual kembali motor ini. Apalagi kita pernah mendengar bahwa harga jual kembalinya tidak terlalu tinggi. Di saat kita sedang berpikir, sang sales mengatakan, "Beberapa pelanggan saya juga sempat memikirkan harga jual kembali motor ini. Awalnya mereka agak ragu, tapi setelah saya berikan alamat dealer jual beli yang siap tampung motor tipe ini dengan harga yang bagus, keraguan mereka hilang!" Bang!! Dia seperti bisa membaca pikiran kita.


Sebenarnya sih ia tidak membaca pikiran kita dan juga bukan karena ia sudah meneliti diri kita secara khusus. Mungkin ia sudah katakan kalimat di atas untuk ratusan calon pembeli lainnya. Walau kadang juga tebakannya keliru, tapi beberapa pembeli tetap menghargai informasi ini.

Bagaimana mengetahui keberatan/ penolakan yang akan muncul? bukankan ini seperti tebak-tebakan?

Yap, kita menggunakan asumsi cerdas bahwa manusia di sebuah wilayah memiliki perilaku yang mirip-mirip, statistik dan probalitas sangat membantu dalam hal ini. Tentunya kita punya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, pertaa rangkum semua data penilakan yang pernah kita hadapi dahulu, atau kita juga bisa mengumpulkan dari pengalaman teman -teman sales yang lain. Kedua, buat daftar top 10 penolakan tersebut, coba perhatikan, penolakan/ keberatan itu memiliki pola yang sama. 


 Tapi hati -  hati, teknik ini bisa juga menjadi bomerang, saat tebakan kita salah, ada baiknya kita juga menjelaskan bahwa hal tersebut sebagai 'informasi' yang akan membantu mereka (calon pembeli). jangan sampai ini sebagai keluhan kita terhadap calon pembeli. Sampaikan ini sebagai solusi atas apa yang mereka khawatirkan. 


Contoh kalimat lain : 


"Sebagian kecil pembeli yang kami tawari selalu bertanya dan awalnya mereka khawatir dengan ...."

"Awalnya, beberapa pembeli kami agak terganggu dengan ... "
"Beberapa pelanggan kami awalnya ragu karena ..."
"Kemarin ada pembeli yang awalnya sempat ragu dengan ... "

Silahkan tambahkan kalimat selanjutnya, sesuaikan dengan hasil riset anda tentang perilaku konsumen disekitar lokasi anda. 


Setelah kita mengangkat hal ini, pastikan bahwa kita juga langsung menyampaikan penjelaan faktual atau bukti solusi yang telah berhasil kita berikan untuk keberatan jenis tersebut. Gunakan 'cerita sukses' yang berujung pada closing untuk membungkus teknik ini. 


Inilah artikel tentang Tips Jualan : Atasi Keberatan sebelum muncul, yang merupakan lanjutan dari artikel bagaimana menghadapi penolakan dan keberatan dalam penjualan



---


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.