Selasa, 07 April 2015

Tentang Sikap : Attitude

Tentang Sikap : Attitude - Mungkin kita semua sering mendengar istilah yang satu ini : attitude. Dalam beberapa kesempatan banyak para ahli mengatakan bahwa untuk membangun keberhasilan dalam karir (apapun jenis karir anda), attitude adalah faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan itu. 

Dalam dunia Sumber Daya Manusia ada sebuah quote menarik,

Kami merekrut anda karena skill yang anda punyai
dan kami 'memecat' anda karena attitude anda.

Ada banyak ahli yang mencoba mengartikan apa sebenarnya attitude, namun sederhananya dapat kita ringkas menjadi ""Attitude merupakan reaksi emosional atau respon yang ditunjukan oleh seseorang akan suatu hal/objek. Attitude atau sikap juga merupakan indikator bagi kita untuk menilai baik atau buruknya seseorang. Untuk itu attitude yang baik sangat penting bagi seseorang agar orang tersebut mampu diterima dalam masyarakat." Dalam bahasa agama biasa kita sebut sebagai Akhlaq. 

Dalam buku Big Brain Big Money, Tom Mc Ifle mengatakan bahwa uang, waktu dan cinta bukanlah segalanya dalam hidup didunia ini. Tapi Attitude-lah segalanya di dunia ini. Karena keberhasilan hidup manusia sebagian besar dipengaruhi oleh sikapnya, baik atau buruk. 

Bagi sebagian kita mungkin akan melakukan protes, mengapa attitude, bukankah Iman dan Amal lah yang dibutuhkan manusia untuk mengarungi hidup di dunia bahkan hingga akhirat? Yap benar, attitude adalah manifestasi dari iman dan amal yang benar. Buah dari iman dan amal yang benar adalah attitude yang baik. 

Bukankan Nabi Muhammad saw pernah bersabda bahwa "jika kalian sudah tidak memiliki 'malu' berbuat sesuka kalian."  Bukankah malu sebagian dari iman? bukti keberimanan seseorang adalah adanya rasa malu?

Dalam beberapa tulisan yang lalu saya juga pernah mengatakan bahwa di Inggris pernah dilakukan percobaan untuk menguji sebuah pernyataan " orang beruntung akan cenderung terus beruntung, dan orang sial akan cenderung terus sial." thesis ini terbukti benar dan kesimpulan penelitian ini adalah sikap mental kita terhadap peluanglah yang akan menentukan nasib baik atau buruk tadi. 

Mereka yang memiliki sikap positif terhadap 'peluang', maka cenderung akan bernasib baik, begitu juga sebaliknya. Ingat, bahwa sukses bukanlah sebuah kebetulan, dan gagal juga bukanlah nasib, semua bermula dari sikap/ perilaku kita. 

Pada dasarnya manusia memiliki 2 pilihan perilaku, yaitu perilaku baik dan buruk. Kedua jenis perilaku ini berangkat dari dua jenis pikiran, yaitu pikiran positif dan pikiran negatif.

Matrik perilaku (attitude)

Selanjutnya tinggal kita yang memilih, apakah ingin berperilaku positif dari pikiran positif atau sebaliknya. 

Keberhasilan dalam karir apapun yang kita jalani di dunia, sangat tergantung pada perilaku kita. berpikiran dan berperilakulah yang baik, maka hidup kita akan menjadi baik. Ini sedikit ulasan Tentang Sikap : Attitude semoga dapat memberi masukan yang baik untuk pikiran kita hari ini. semoga bermanfaat. 



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.