Senin, 30 Maret 2015

Tips Jualan : Bagaimana Menghadapi Penolakan Atau Keberatan (bagian 1)

Tips Jualan : Bagaimana Menghadapi Penolakan Atau Keberatan - belajar bisnis buat pemula bareng bag kinantan 082366380788 - penolakan adalah sesuatu yang tetap saja ditakuti oleh para sales, walaupun mereka sudah hadapi berulang kali. Tetap saja saat melihat gejala-gejala konsumen akan menolak membuat kita para sales menjadi 'panik'. seharusnya tidak demikian.



Pertama yang perlu kita pahami bersama adalah ada perbedaan antara 'menolak' dan 'keberatan'. Cara membedakannya seperti ini, anda ingin mengajak seorang yang anda taksir untuk nonton, jika ia mengatakan bahwa ia sedang sibuk beberapa waktu ini dan belum bisa pergi nonton, maka itu bentuk keberatan. Sedangkan jika ia mengatakan bahwa ia tidak tertarik dengan anda, itu jelas sekali penolakan.

Dalam banyak kasus, calon pembeli sama sekali tidak menolak atau tidak keberatan terhadap produk atau jasa kita. banyak sekali alasan dan latar belakang tidak terjadinya transaksi penjualan saat seorang sales menjual produknya.  Ada situasi saat dia tidak membutuhkannya, anda menemuinya saat kondisi mental yang tidak siap membeli, atau kadang pembeli tidak dalam kondisi pertimbangan terbaik membuat perhitungan yang salah, menggunakan perbandingan yang tidak pas dan lain lain.

Manusia memutuskan untuk membeli sesuatu atau tidak berdasarkan apa yang ada dalam pertimbangan mereka saat itu. kalau calon pembeli tidak membeli sekarang, BUKAN BERARTI dia tidak akan membeli nanti (Hingdranata Nikolay)


Inilah sebabnya penolakan atau keberatan menjadi tidak disukai, tapi jangan membuat kita menjadi stres yang berkepanjangan. Hal itu adalah normal. Penjual pemula akan panik dan tidak lagi tertarik untuk meneruskan hubungan dengan calon pembeli tersebut. Asumsi lugunya adalah kalau calon pembeli tidak tertarik atau tidak mau membeli saat itu, berarti mereka tidak mungkin berubah pikiran.

Bagi yang sudah membaca ini jangan lagi muncul pikiran seperti di atas, jika calon pembeli anda tidak membeli saat ini, maka ada kemungkinan dia akan membeli suatu hari nanti.

Satu hal yang sering saya ulang bahwa hakikat menjual adalah memberi solusi atas masalah yang dihadapi oleh konsumen kita. Jadi, saat anda mempunyai penawaran, jangan langsung tiba tiba 'menawarkan' produk anda, bangun hubungan yang baik terlebih dahulu, jika ia sudah 'dekat' dengan anda, tanpa anda mintapun ia akan bertanya tentang produk anda. Dan jika memang ia tidak membutuhkan produk anda ia akan "menawarkan"nya ke orang lain yang membutuhkan.

Menghadapi Keberatan dan Penolakan

Untuk melengkapi dan membantu anda dalam menyikapi berbagai penolakan atau keberatan calon pembeli, berikut ini akan disampaikan beberapa cara/ teknik menghadapinya. Tapi perlu anda ingat bahwa tips, cara atau teknik yang ada mungkin akan cocok di satu orang, tidak cocok pada orang yang lain, demikian juga sebaliknya, coba saja. aplikasikan dalam berbagai cara, sampai kita akhirnya nanti semakin fleksible dan peka terhadap berbagai situasi.

Beberapa cara itu antara lain :

-  Mengatasi keberatan sebelum muncul
-  Abaikan keberatannya
-  Antisipasi keberatan pihak lain setelah membelinya
-  Dulu Setelah itu Sekarang
-  Pendukung Setia
-  Harga , Harga Harga
-  Sedang tidak butuh
-  Trauma Produk
-  Kami sudah punya langgganan
-  Belum pernah mencoba


apa dan bagaimana penerapannya? silahkan tunggu lanjutannya,...

inilah bagian pertama dari artikel Tips Jualan : Bagaimana Menghadapi Penolakan Atau Keberatan, tunggu lanjutan tipsnya.

bersambung

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.