Jumat, 20 Maret 2015

Pondasi untuk Menjadi Kaya

Pondasi untuk Menjadi Kaya - Belajar Bisnis untuk Pemula 082366380788/ 79174C71 - Banyak dari kita ingin menjadi orang kaya, namun banyak juga dari kita yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Sebelum kita bicara lebih lanjut, pertama ingin saya tanyakan, darimana datangnya uang? sebenarnya ada 3 cara bagi kita untuk menghasilkan uang, Pertama adalah pergi bekerja, inilah cara yang paling umum dilakukan oleh kita. 


cara untuk kaya


Namun sebenarnya ada 3 jenis cara mendapatkan uang/ pendapatan. Itu terbagi dalam 3 jenis pendapatan. Pertama, pendapatan yang diperoleh : kita bekerja kemudian kita mendapatkan gaji. Kedua, pendapatan pasif, kita mendapatkan pendapatan tanpa harus secara fisik melakukan pekerjaan. contoh kita memiliki bisnis yang dikelola orang lain, setiap bulan kita mendapatkan bagi hasil. Contoh pendapatan pasif lainnya adalah kita memiliki property yang disewakan, dimana hasil sewa lebih besar dari biaya yang harus dikeluarkan. ketiga, pendapatan portofolio, pendapatan dari investasi saham, obligasi dan reksadana. 

Kunci untuk menjadi kaya adalah kemampuan kita untuk mengubah pendapatan yang diperoleh dari bekerja, menjadi pendapatan pasif dan portofolio. namun, perlu kawan-kawan ketahui bahwa mengetahui jenis pendapatan terbaik adalah hal kedua terpenting yang harus kita ketahui, namun hal paling penting yang harus kita ketahui jika kita ingin memperoleh kekayaan adalah....

Jika kita ingin menjadi kaya, maka hanya ada satu hal yang perlu sama-sama kita ingat, yaitu ; Mengetahui beda antara ASSET dan LIABILITAS. 

sesederhana itu!

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui beda antara aset dan liabilitas.


aset adalah memasukkan uang ke dalam kantong kita. aset seharusnya memberi pendapatan secara teratur. definisi tradisional tentang aset adalah sesuatu yang kita miliki, memiliki harga tertentu yang bisa 'berubah menjadi uang' jika kita membutuhkannya. Saat apa yang kita miliki, mampu menghasilkan uang untuk kita, itu dapat disebut sebagai aset. 

Dan sebenarnya Aset dapat menipu! bagaimana bisa? coba kita lihat contoh sederhananya, kita membeli mobil, mobil itu terlihat seperti aset kan? tapi membeli bensin itu membuat uan keluar dari kantong kita, biaya perawatan tiap bulan, belum lagi saat ia rusak, tambah lagi biaya. Abang saya pernah berpesan, saat kita memutuskan membeli mobil, maka kita sudah harus tahu berbagai konsekuensinya, seperti yang saya sebut sebelumnya. Jadi gak boleh beli mobil?  ya boleh dong, cuma jangan jadikan mobil kita sekedar mobil untuk kendaraan, jadikan ia sesuatu yang mampu menghasilkan uang juta. apa contohnya? nanti kita bahas lebih lanjut. 


Liabilitas kebalikan dari aset, liabilitas menyebabkan uang keluar dari kantong kita. selain menyebabkan uang keluar dari kantong kita, ciri liabilitas berikutnya adalah 'nilai' jual kembali benda-benda saat ditukar dengan uang tunai, akan memberikan nilai yang jauh lebih sedikit dari saat kita membelinya. liabiltias juga termasuk didalamnya semua pinjaman/ hutang, kartu kredit dan lain-lain. 

Jadi kesimpulannya kawan kawan, pondasi untuk menjadi kaya adalah pemahaman yang benar tentang ASET dan LIABILITAS lalu yang kedua adalah mengetahui jenis pendapatan yang paling baik. jika kedua hal ini dapat kita kuasai, insyaAllah akan lebih mudah kita menjadi kaya. memang kaya bukan segalanya, namun dengan memiliki kekayaan akan banyak membantu dalam kehidupan kita, belum lagi saat kita mampu membantu orang lain dengan kekayaan kita. semoga bermanfaat. 


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.