Senin, 16 Maret 2015

Inspirasi Bisnis : Sukes Bisnis Jamur Tiram Olahan

Inspirasi Bisnis : Sukes Bisnis Jamur Tiram Olahan - Belajar Bisnis untuk Pemula bersama Bag Kinantan  Whatsapp 082366380788 / bbm 79184C71 - sebut saja namanya Bang Is, beliau tinggal di sebuah daerah di kabupaten langkat sumatera utara. sehari hari beliau memiliki usaha budidaya jamur tiram. dalam sehari, tidak kurang 40-60 kg jamur tiram beliau distribusikan ke beberapa daerah di sekitar langkat dan Medan. Bahkan pasarnya hingga ke aceh tengah (takengon).

belajar bisnis jamur tiram - belajar bisnis untuk pemula 082366380788 - bag kinantan


sudah 5 tahun beliau menjalani hari-harinya sebagai petani dan pemasar jamur tiram. Jamur Tiram yang beliau jual didapatkan dari rekanannya yang menyediakan baglog dan jamur tiram segar. Namun, namanya usaha, selalu ada masa naik dan ada masa turun, tinggal bagaimana kita sebagai pengusaha menyiasati kondisi tersebut agar pemasukan tetap stabil.

Jamur Tiram memang sekarang sudah menjadi makanan yang cukup populer, terlihat dengan makin banyaknya penjual makanan olahan berbasis jamur tiram ini. Contoh yang paling umum adalah banyaknya penjual jamur krispi di beberapa sudut kota. begitu juga dengan pertumbuhan petani jamur tiram yang terus meningkat.

Kembali ke cerita bang is tadi, untuk menyiasati turunnya permintaan jamur tiram segar, beliau mengolah hasil panen jamur tiram menjadi jamur krispi. Berbeda dengan produk jamur krispi pada umumnya yang di suwir, lalu diolesi tepung kemudian di goreng, jamur krispi milik bang is ini tidak di suwir, daun jamur tiram yang lebar itu dipipihkan kemudian di masukkan ke dalam adonan tepung dan di goreng. hasil jamur krispi bang is ini lebih tahan lama di bandingkan jamur krispi biasa.

Beliau menjual jamur krispinya per buah Rp. 1000 dalam sehar beliau sanggup menjual hingga 1000 buah jamur krispi. Untuk menjual produk ini, beliau dibantu tenaga Reseller yang jumlahnya 10 orang. dengan sistem bagi hasil, para reseller mendapatkan potongan 30% dari harga jual.

Dan sekarang, bang is lebih fokus mengembangkan usaha olahannya karena dari resiko jauh lebih kecil dari menjual jamur tiram segar dan dari segi keuntungan usaha ini jauh lebih baik dari menjual produk segar, karena sudah ada value added yang diberikan untuk produk mentahnya.

Dari cerita di atas, saya ingin mengatakan bahwa, untuk memulai bisnis itu tidak dibutuhkan ide yang njelimet, yang sederhana, dibutuhkan orang (ada pasarnya), modifikasi produk yang sudah ada, perbaiki kekurangannya, segera mulai. seperti dikatakan bob sadino (alm), bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai bukan dibicarakan.

Inilah Inspirasi Bisnis : Sukes Bisnis Jamur Tiram Olahan, seorang teman saya menjalankan ide sederhananya, namun memberikan keuntungan yang lumayan banyak. semoga dapat menginspirasi kita semua. salam






1 komentar:

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.