Senin, 16 Maret 2015

Belajar Berbisnis : apa saja yang harus dipelajari?

Belajar Berbisnis : apa saja yang harus dipelajari? - belajar bisnis untuk pemula 082366380788 bersama Bag Kinantan - Banyak orang hari ini ingin sekali memiliki bisnis, bahkan yang sudah berprofesi sebagai karyawan tetap mencari celah untuk dapat juga memiliki bisnis. Baik dengan usaha sampingan atau join dengan orang lain. Tapi, berbisnis itu bukan sekedar kita menjual barang. Kata bisnis jauh lebih luas dari sekedar menjual barang. Bisnis itu tentang bagaimana kita memiliki usaha yang dapat berjalan sendiri dengan atau tanpa adanya kita. untuk itu apa yang harus dipelajari agar kita dapat membangun sistim bisnis yang baik?

belajar bisnis bersama bag kinantan - 082366280788

Setidaknya ada 4 hal yang harus kita pelajari, saat akan membangun sebuah bisnis

Belajar tentang Marketing

Saya selalu menempatkan hal ini di awal, walau sebenarnya dalam buku bisnis, marketing diletakkan pada bagian kedua. Pada posisi pertama ada keuangan. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, untuk memulai kita butuh pengetahuan tentang marketing, dan untuk besar kita harus kuasai keuangan.

Marketing berkenaan dengan bagaimana menciptakan permintaan, bagaimana mengomunikasikan nilai nilai yang terkandung dalam produk kepada calon konsumen kita. Bberbeda dengan penjualan, penjualan adalah ujung dari proses marketing. marketing ibarat peta yang membantu penjualan agar dapat bekerja tepat sasaran. Begitu pentingnya bagian marketing, sampai ada yang mengatakan bahwa marketing adalah penyuplai darah dalam bisnis, tanpa marketing tidak ada darah, artinya sebuah kematian.

Belajar tentang Keuangan

Bagi seorang pebisnis, pengetahuan tentang uang menjadi mutlak harus dikuasai. Tanpa pengetahuan ini, bisnis anda akan jalan ditempat atau bahkan mati. Kalau marketing adalah sumber darah, keuangan menjadi pengatur distribusi darah agar setiap bagian tubuh bisnis mendapat asupan energi yang merata. Setidaknya ada 3 hal juga yang harus dipahami oleh kita terkait keuangan adalah bagaimana menyusun dan menerjemahkan laporan laba rugi, proyeksi arus kas dan neraca. Tiga laporan keuangan ini akan membantu kita menganalisis sejauh mana kesehatan bisnis kita. Karena kadang ada bisnis yang memiliki penjualan besar, omzet besar tapi tidak punya uang, alias laba rendah atau malah minus karena banyak sekali piutang dagang.

Biasanya yang paling mudah untuk melihat kinerja sebuah bisnis adalah kinerja keuangannnya. gagal kelola keuangan bisa membunuh bisnis. Dan kesalahan dalam mengelola keuangan adalah salah satu kesalahan fatal bagi pengusaha pemula. 

Belajar tentang Manajemen Operasi

Nah, kalo ini kita akan banyak belajar tentang bagaimana mengendalikan operasi bisnis, terkait rantai nilai, pengendalian produksi (jika ada), manajemen persediaan, manajemen permintaan dan lain lain. kesemua ini akan membuat kinerja pelayanan kita kepada pelanggan menjadi lebih baik. pelanggan lebih senang dengan pelayanan yang responsif, cepat tanggap, dan memiliki empati. di dalam bagian ini kita juga akan belajar tentang manajemen sumber daya manusia (SDM), bagaimana kita melihat bahwa SDM adalah aset perusahaan yang harus dijaga dan dikembangkan.

Belajar tentang Hukum

Untuk lebih besar lagi, sebuah usaha harus berbadan hukum, agar lebih banyak pasar yang dapat dilayani, otomatis akan lebih banyak order yang akan dikerjakan. apalagi jika berhubungan bisnis ke bisnis, Badan hukum menjadi salah satu syarat mutlak dan ini akan meningkatkan kredibilitas kita sebagai pengusaha.

4 hal di atas adalah hal - hal pokok yang harus kita kuasai jika ingin membangun bisnis yang berumur panjang. semoga artikel Belajar Berbisnis : apa saja yang harus dipelajari? dapat membantu kita dan menginspirasi. terimakasih, salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.