Selasa, 24 Maret 2015

Bagaimana Memahami Arus Kas (Cash Flow)

Bagaimana Memahami Arus Kas (Cash Flow) - Belajar Bisnis untuk Pemula 082366380788 - "jika kita ingin kaya, maka kita harus membaca dan mengerti angka." Pada artikel sebelumnya, telah saya singgung tentang pondasi menjadi kaya, ada dua hal yang harus kita pahami, pertama pemahaman tentang aset dan liabilitas, yang kedua adalah mengetahui jenis pendapatan dan kemudian memaksimalkannya. Pada Tulisan bagian kedua ini, saya akan menyinggung sendikit tentang bagaimana membaca angka-angka yang berkaitan dengan aset dan liabilitas, yaitu cash flow. Apakah telah terjadi peningkatan aset dan penurunan liabilitas atau sebaliknya? 

bagaimana memahami arus kas


Angka-angka yang saya maksud di atas, tertulis lengkap dalam sebuah laporan keuangan. laporan keuangan kita butuhkan untuk mengetahui kondisi keuangan dalam satu waktu. Laporan ini kita butuhkan untuk menjaga agar bisnis kita tetap berjalan. Laporan keuangan yang paling sering dipakai adalah laba rugi dan neraca.

Laporan laba rugi secara sederhana menunjukkan uang yang masuk dan keluar, sedangkan neraca menunjukkan hubungan antara aset dan liabilitas, pola uang masuk dan keluar disebut sebagai arus kas.

Secara sederhana Laporan keuangan memiliki bentuk seperti di bawah ini.




 Pada gambar di bawah ini akan kita lihat pola  arus kas dan kita akan menemukan ke arah mana uang kita mengalir. Anak panah itu yang mewakuli arus uang, pola arus kas orang kaya dari ASET menuju PENDAPATAN, selanjutnya, anak panah dari liabilitas menuju bagian pengeluaran dan kemudian keluar dari diagram, itu berarti bahwa uang itu hilang. Semua uang telah digunakan untuk memenuhi keperluan semua yang kita miliki.

pola arus kas orang kaya
pola arus kas orang miskin


Sedangkan, pada gambar di bawah ini menunjukkan laporan keuangan seorang yang kaya dan miskin. laporan keuangan orang kaya akan menunjukkan lebih sedikit pengeluaran dalam hubungannya dengan pendapatan, kotak liabilitas lebih kecil dari kotak aset, dan sebaliknya laporan keuangan orang miskin akan menunjukkan liabilitas jauh lebih besar dari aset yang diiliki.















Demikianlah sedikit penjelasan tentang Bagaimana Memahami Arus Kas (Cash Flow), semoga dapat dipahami.

Jika ingin diskusi bisa via WA 08236680788

Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.