Jumat, 02 Januari 2015

Sedikit Tentang Bauran Pemasaran : Produk

produk iphoneSaya pernah membaca sebuah review dan beberapa diskusi teman teman tentang produk dari Apple yaitu Iphone. Timbul pertanyaan apa sih keistimewaan dari iphone? Teman saya seorang penjual HP menceritakan kepada kami bahwa pertama apple itu unik, yang mereka jual ada prestige bukan sekedar hape. Iphone memang cocoknya untuk pasar kelas atas, walau demikian yang antri setiap peluncurannya selalu bejubel. Dalam artikel singkat ini saya ingin sedikit merangkum hasil diskusi dengan kawan kawan terkait bauran pemasaran yaitu produk.


Selain itu apa keistimewaan iphone?

Dalam beberapa diskusi lain, sebagian teman yang menggunakan iphone mengatakan bahwa iphone itu simple, dari sisi desain simple namun legance, ia lebih cocok disebut sebagai produk seni ketimbang produk teknologi. Dalam bahasa teknik industri, desain iphone itu selain artistik juga ergonomis, nyaman ketika digunakan.

Dari sisi pemasaran?

Selain itu, dari sisi pemasaran, steve jobs terkenal sebagai orang yang mampu mempermainkan psikologis orang lain. Steve jobs pintar menyentil rasa ingin tahu orang orang akan produknya. Dibuat penasaran sebelum produknya diluncurkan.  5 bulan sebelum iphone diluncurkan, steve jobs sudah memberikan ancar ancar, namun setelah itu tidak ada satupun informasi yang diberikan pihak apple terkait peluncurnya. Entah bocoran desain produk atau fitur fiturnya, tidak ada, blank. Begitu akhirnya dilucurkan banyak orang mengantri ingin tahu.

---

Dari sisi strategi pemasaran, ini menarik untuk dikaji, bahwa apple tidak hanya menciptakan produk yang baik, tapi juga menjadi trendsetter. Penggunaan hape bukan lagi sebagai alat komunikasi namun sudah menjadi sebuah ‘perhiasan’ untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Beberapa teman pengusaha atau marketing mengatakan bahwa persentase keberhasilan negosiasi mereka salah satunya karena mereka menggunakan produk apple saat presentasi. Ajib! Kehadirannya memiliki sebuah unsur magis yang membuat kita percaya diri dan akhirnya mampu mempengaruhi keputusan orang lain.

Produk iphone sangat ekslusif, dari sisi desain tidak ada yang sama seperti mereka dan belum pernah ada sebelumnya. Selain itu produk ini sangat ergonomis, nyaman digunakan

dan nyaman juga diperhatikan karena ada unsur seni di dalamnya.  Dari sisi teknologi, iphone juga sangat unggul dibandingkan pesaingnya. Mereka mengusung sistem operasi sendiri.



Yap produk iphone selalu menarik untuk ditunggu, selain dari sisi produk itu sendiri, kita juga bisa belajar bagaimana memasarkan produk mahal, canggih, tanpa promosi gencar, ekslusif tapi selalu diburu banyak orang. Inilah sedikit pandangan dari sisi bauran pemasaran yaitu produk. Semoga bermanfaat.

----

Baca juga :
 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.