Jumat, 02 Januari 2015

(Masih) Strategi Produk : Tentang Siklus Hidup Produk

Tujuan dari dibuatnya sebuah produk adalah untuk memuasakan kebutuhan dan keinginan konsumen. Ada beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan saat kita bicara tentang produk atau strategi produk dalam bauran pemasaran.

sebelumnya : Bauran Pemasaran : Produk

Salah satunya adalah siklus hidup produk atau product life cycle (PLC), bahwa setiap produk memiliki siklus atau memiliki umur masing masing.

Apa saja yang dilalui produk semasa hidupnya? Lalu bagaimana/ apa yang harus dilakukan untuk membuat si produk memiliki umur yang lebih panjang?


Gambar Siklus Hidup Produk


siklus hidup produk


Pertama sekali jelas, produk akan melalui apa yang disebut sebagai masa pengembangan. Desain produk, menerjemahkan keinginan konsumen dan sebagainya. Salah satunya adalah uji ngangenin jika produknya berupa makanan. Pada fase ini jangan harap perusahaan mendapatkan penghasilan, mungkin malah minus.

Kedua, setelah produk didesain dan dikembangkan lalu diluncurkan atau diperkenalkan ke pasar. Awalnya menuju ke segmen pasar utama, mungkin untuk uji pasar. Pada fase ini sudah mulai ada penghasilan, namun masih kecil. Pelanggannya pun masih disebut sebagai pelanggan inovator yang menurut penelitian jumlahnya hanya 2,5% dari keseluruhan pasar yang ada.

Selanjutnya jika produk diterima, maka pasar akan terus tumbuh, dalam siklus hidup produk disebut masa pertumbuhan. Pada masa inilah produsen dan produk memasuki masa bulan madu. Namun, jangan terlena, karena setelah masa pertumbuhan maka produk akan masuk pada masa maturity atau dewasa.

Pada masa maturity atau dewasa, penjualan sudah mulai stagnan, tidak ada lagi peningkatan, cenderung datar, salah satu penyebabnya masuknya banyak kompetitor atau adanya produk subtitusi. Saat ini terjadi, umur produk sudah memasuki masa senja dan selanjutnya jika tidak segera dilakukan INOVASI, maka akan terjadi penurunan yang sangat signifikan.

Yap, INOVASI menjadi jawaban atas pertanyaan di atas, bagaimana membuat umur produk menjadi lebih panjang. Proses inovasi sudah dilakukan sebelum produk masuk ke fase dewasa, sejak fase growth produsen sudah harus melakukan penelitian, pengembangan apa yang harus dilakukan agar konsumen tidak jenuh.

Contoh yang paling gampang adalah produk sepeda motor. Dulu proses antara satu produk ke produk baru akan memakan waktu yang lumayan panjang sekitar 3-4 tahun, tapi sekarang lihat, produk baru keluar dalam hitungan 1 -2 tahun. Tidak banyak yang diubah dari produk lama, tapi ada saja perubahan yang diberikan atau fitur yang ditambahkan dari produk lama, tujuannya apa agar konsumen tidak bosan dengan model yang itu itu saja. 

Inilah sedikit penjelasan tentang siklus hidup produk atau product life cycle, kaitannya dengan strategi produk dalam bauran pemasaran yang kita kenal dengan 4P. Semoga bermanfaat.

----

Baca juga : 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.