Sabtu, 24 Januari 2015

Belajar Bisnis Untuk Pemula (bag. 1)

Bagian Pertama : Belajar Bisnis Untuk Pemula


bisnis untuk PemulaKETUPAT

Saya lupa kapan persisnya saya mengenal yang namanya bisnis. Seingat saya di kelas 3 SD menjelang lebaran, saya pernah diminta ibu saya untuk mencari janur kuning untuk dibuat menjadi sarang ketupat. Kebetulan sekali disekitar rumah kami banyak pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi. Keesokan paginya mulailah saya keliling perumahan untuk menjajakan sarang ketupat hasil karya ibu saya.


Waktu itu saya jual setiap 10 buah harganya Rp. 200, biasanya ibu – ibu rumah tangga akan mengambil minimal 30 buah. Namanya mamak – mamak, pantang jika tidak menawar, dagangan saya ada yang tawar 300/ 30 buah dan sebagainya. Saya hanya lepas Rp. 400/ 30 buah. Ternyata hasil keliling 2 hari membuat banyak ibu ibu lain yang pesan hingga ratusan. Saya mulai kerepotan mencari janur. Akhirnya saya ajak kawan untuk ambil janur, saya bayar setiap pohon kelapa Rp. 500. Itulah awal saya mengenal jualan. Dan kenangan itu yang membuat saya hari ini kembali menjalani profesi sebagai penjual.

Sebenarnya saya gak begitu suka menjadi sales. Saat kuliah yang terpikir oleh saya nantinya jika bekerja maka saya harus menghindari posisi marketing atau sales. gak tau juga kenapa saya menghindari posisi itu, belakangan saya tahu bahwa jika anda ingin bekerja dan punya penghasilan tinggi, maka kejarlah posisi sebagai marketing. 

Biasanya marketing memiliki bonus jauh lebih besar dari yang lain. Marketing memiliki peluang untuk bertemu dengan banyak orang, anda punya kesempatan memiliki jaringan yang kuat. Posisi marketing memberikan anda kebebasan untuk tidak selalu berada di kantor, anda bebas keluar kantor di jam – jam kerja. Dan posisi marketing anda akan mempelajari skill dasar untuk membangun usaha. Sampai ada pepatah mengatakan, no marketing no living.

Alhamdulillah, hari ini saya justru banyak bergelut dengan dunia marketing, mempelajari marketing dan berharap bisa mengajarkan ilmu marketing kepada orang lain. Ilmu marketing ternyata ilmu mahal.

Mungkin sudah beberapa kali saya katakan bahwa,  jika anda ingin menjalani bisnis, maka pertama yang harus anda kuasai adalah marketingnya, lalu jika anda ingin usaha anda besar, maka kuasai ilmu keuangannya.

Mungkin ini sebagai pengantar cerita kita, akan ada beberapa tulisan lagi yang akan anda baca. Sebenarnya ini nanti akan menjadi sebuah ebook yang akan saya bagikan gratis, setelah semua tulisan muncul di manajemenusaha.com .

Selanjutnya kita akan cerita tentang sikap mental untuk berhasil dalam bisnis, ada juga mitos – mitos yang kita yakini seputar bisnis, tentang resiko, apa yang harus dipelajari dalam bisnis, dan apa yang harus segera dilakukan, dan beberapa cerita teman – teman saya yang sudah berhasil dalam bisnis dan apa saja kita mereka berhasil lebih cepat.


Semoga bermanfaat kawan kawan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.