Senin, 15 Desember 2014

Sudah punya Bisnis?

Kata kata bisnis saat ini menjadi sesuatu yang indah terdengar. Seakan yang menyebutannya atau yang menyandang gelar seorang yang memiliki bisnis menjadi sesuatu yang membanggakan. Benarkah kita memiliki bisnis? Bagi kita yang ditanya bisnis apa sekarang? Kadang dengan bangga kita berkata, bisnis online, bisnis baju, bisnis konveksi, bisnis lain lainnya.

Dalam pengantar ebook gak penting “ 11 Kesalahan Manajemen Usaha Buat Pemula” saya katakan bahwa berat rasanya menyandang gelar seorang pebisnis entah mengapa? Mungkin sejatinya saya belum memiliki bisnis, saya hanya memiliki usaha/ pekerjaan, bedanya saya “bos” dipekerjaan saya sendiri. Dalam bahasa Robert T Kiyosaki self employee.

cashflowquadrant

Bagi yang telah mengenal konsep cashflow Quadrant yang dicetuskan Kiyosaki, tentu kita gak asing dengan istilah Self employee, Employee, Business Owner dan Investor.

Bagi kita yang mengaku memiliki bisnis, coba anda tinggalkan bisnis anda selama 1 minggu, kemudian perhatikan apakah bisnis anda tetap tumbuh dan berkembang atau justru malah stagnan dan jika ditinggalkan lebih lama malah tutup?

Jika jawabnya adalah tetap hidup dan terus  meningkat, selamat anda memiliki bisnis. Jika belum artinya anda hanya memiliki pekerjaan bukan memiliki bisnis.

Bisnis sejatinya adalah sebuah pekerjaan yang kita miliki namun ia bekerja dengan sistem. Sistem yang membuat ia tetap berjalan saat ada atau tidak adanya anda.  Membangun sistem bisnis itu bukan perkara sebentar butuh waktu dan konsetrasi. Bahkan bisnis online yang katanya tinggal tekan tombol kemudian ditinggal tidur dan akhirnya menghasilkan juga merupakan sebuah akumulasi dari kerja keras berbulan bulan dan modal materi yang tidak sedikit.

Penyakit pebisnis pemula adalah ingin segera mensistematisasi bisnisnya, mencoba memaksakan membuat sistem dan merekrut banyak orang untuk menjalankan sistem itu. tapi perlu diingat, bahwa bisnis pondasinya adalah kita sang pemilik, jika kita tidak menyiapkan pondasinya terlebih dahulu, bisnis kita ibarat rumah tanpa pondasi rapuh sekali.

Tidak ada sukses dalam semalam

Semua butuh proses waktu, tenaga dan konsistensi dalam menjalankannya.

Kabar baiknya semua itu bisa kita pelajari dan percepat dengan mempelajari pola sukses orang orang yang sudah sukses dengan bisnisnya.

Ingat bahwa sukses itu berpola dan gagal itu juga berpola.

Tugas kita adalah menemukan pola sukses dan menghindari pola gagal. Sekali kita temukan pola suksesnya, maka dalam bentuk bisnis apapun kita tetap akan berhasil.

Jadi inilah definisi Bisnis menurut Robert T Kiyosaki, bisnis adalah “sebuah sebuah organisasi yang memiliki sistem dan dapat  menghasilkan uang, tanpa melibatkan keberadaan Anda dan pada akhirnya akan menghasilkan apa yang disebut sebagai penghasilan pasif, kita tetap berpenghasilan walau tidak bekerja.

Jadi sudahkah kita memiliki bisnis?

Salam


---- 

Baca Juga 


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.