Senin, 15 Desember 2014

Cara Cepat Buka Usaha Sendiri

mulai usahaSaya punya banyak kawan yang pengen segera punya usaha sendiri, apalagi yang sudah mulai jenuh terjebak dalam rutinitas pekerjaan. Akhirnya banyak juga kawan saya tadi, yang mengurungkan niatnya entah karena apa?

Padahal  kata seorang teman saya lagi yang sudah berbisnis, buka usaha itu mudah kok, tinggal bilang aja, “ ya, saya mulai usaha sendiri.” Mudah kan? Hehe

Sayangnya ada banyak mitos yang kita percayai saat kita hendak memulai usaha sendiri dan akhirnya membuat kita TAKUT untuk memulainya, ya kan?

Kemaren saya datang ke acara ulang tahun anaknya kawan istri saya, saat sedang acara game oleh badut ada beberapa anak yang dipanggil ke depan dan ditanya cita cita nya, kalo besar mau jadi apa? Macam macam jawabnya sayangnya gak ada yang bilang pengen jadi pengusaha.

Mungkin salah satu faktornya adalah orang tua kita juga tidak terlalu setuju kalo kita membangun usaha kita sendiri, pesan orang tua rata rata “ sekolah yang bagus, biar bisa kerja di sini di sana dan lain lain”  belum pernah atau jarang sekali orang tua yang berpesan ke anaknya, “nak, sekolah yang bener biar jadi pengusaha sukses” salahkah orang tua? Gak, karena yang beliau beliau tahu selama ini hanya sebatas hal di atas, bahwa bekerja itu harus punya gaji, punya kantor, punya seragam. Mungkin ya.  Mohon maaf buat orang tua.

Ok, lanjut, jadi bagaimana cara cepat untuk buka usaha?

Robert Kiyosaki pernah memberikan 2 tips

Keluar dari pekerjaan anda saat ini dan segera memulai usaha sendiri
Katanya sih Robert Kiyosaki paling suka cara ini, langsung keluar dan langsung buka usaha sendiri. Tapi tergolong ekstrim, tapi seru sekaligus menantang, keluar dan membangun kerajaan bisnis sendiri.

Mengumpulkan uang hingga 50 juta baru buka usaha sendiri
Cara ini tergolong moderat, kalo masih bekerja, silahkan bekerja ada dulu sembari mengumpulkan uang hingga mencapai 50 juta rupiah. Kenapa 50 juta, ini modal yang cukup aman untuk memulai usaha sendiri. Jadi anda bisa buka usaha tanpa modal dari pinjaman/ hutang.

Makan apa kami nanti gan, kalo langsung keluar begitu aja? Mungkin itu reaksi pertama yang muncul kalo kita di sodori opsi pertama. Ya, bagi anda yang masih takut, kurang nyali dan tekad, opsi ini memang tidak direkomendasikan. Ibarat mau bisa berenang, kalo Cuma baca teori ya gak bakal bisa berenang, kalo mau bisa berenang cepat ya langsung nyebur di kolam dong, ya kan?  

Cara pertama  ini tidak saya rekomendasikan ya, tapi untuk yang siap berdarah darah, cara ini paling efektif untuk bisa punya usaha dalam waktu singkat. Tips dari kami, segera kembangkan bisnis anda dan hasilkan aliran kas harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Kalau yang kedua? Ini juga bukan pilihan yang enak ya, uang  50 Juta itu bukan jumlah yang sedikit, belum lagi kalau sudah terkumpul dan dimulai tetap ada resiko gagal dan bangkrut, gimana? Hehe, tenang sembari anda menabung anda bisa mempelajari hal pokok tentang bisnis, apa saja?

Pertama sekali anda perlu belajar tentang Marketing, kedua Tentang Keuangan, ketiga tentang hukum bisnis, lalu tentang sistem bisnis dan produk. Saya tidak sarankan anda memulai dari memikirkan produk, repot nanti. Hehe, cukup saya saja yang salah, dulu saya mikirnya urutannya dibalik, hasilnya sukses, sukses ditutup.

Nah, belakangan ini saya menemukan cara KETIGA untuk bisa memulai usaha sendiri. Untuk yang ketiga ini nanti saya tulis dalam bagian khusus 


salam

--- 

baca juga 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.