Kamis, 27 November 2014

Product Knowledge : Pengetahuan Produk

product KnowledgeAda pertanyaan dari calon konsumen, “Maaf bang madu abang aman gak untuk penderita diabetes?” Apa yang harus saya jawab? Kalau saya jawab aman, rupanya tidak aman artinya saya berbohong. Kalau saya bilang gak aman artinya saya kehilangan calon pembeli?

Dalam kasus ini, salah satu kuncinya adalah product knowledge atau pengetahuan produk. Sehingga saya bisa menjawab pertanyaan calon konsumen secara ilmiah dan akhirnya mereka  membeli produk saya.

Pertanyaannya apa guna product knowledge?

Seandainya kita disuruh untuk memilih mana yang paling mudah menjual produk yang kita ketahui seluk beluknya baik itu kelebihan dan kekurangannya,  atau yang tidak kita ketahui?  Product knowledge bukan hanya fokus kepada pengetahuan kita tentang seluk beluk produk kita, kelebihan dan kekuraangan serta manfaatnya, namun juga faktor lain yang harus kita ketahui, antara lain :

Kita harus mampu mendemonstrasikan produk kepada calon pembeli agar ia dapat melihat dan merasakan kualitas produk kita. Dengan demikian akan muncul keyakinan dalam benaknya tentang produk kita



Kita harus mengetahui dengan jelas segmentasi masing masing produk, jangan sampe salah sasaran, untuk pembahasan segmentasi bisa dilihat disini.

Kita harus mengetahui juga perkembangan produk kompetitor, sepak terjangnya dan lebih baik jika kita membandingkan head to head keunggulan produk kita dengan produk kompetitor

Apa yang harus kita dan calon pembeli ketahui tentang produk kita, ada yang menyebut FKM (Fakta/ Fitur yang ada pada produk, Keunggulan dari fakta tersebut, Manfaat dari fitur tersebut.

Bagaimana aplikasinya?

Contoh produk kita ambil satu produk, misalnya teknologi ISS (idling Stop system)  Honda Vario 125 ISS.

Fiturnya : ISS,
Keunggulannya : mematikan mesin secara otomatis apabila motorberhenti lebih dari 3 detik, untuk menghidupkannya kembali cukup dengan menarik tuas gas saja.

Manfaat : Menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi udara.

Dengan FKM ini kita jadi lebih mudah untuk melakukan demostrasi produk kepada calon konsumen.
Bentuk penyampaian kepada calon konsumen bisa seperti ini:

Pak, mau gak motornya lebih hemat bahan bakar? Dan merasakan teknologi kelas dunia? Coba bayangin pak, berapa banyak kita berhenti di lampu merah atau karena macet, bahan bakar terbuang sia sia, emisi gas dari knalpot juga bikin lingkungan panas, pembororsan banget gak tu pak? Sayang bensin dah naik lagi.
Namun, hal itu gak bakal terjadi jika bapak menggunakan motor ini, karena motor ini apabila berhenti lebih dari 3 detik, maka mesin otomatis akan mati, bahan bakar setetespun tidak akan keluar, emisi sedikitpun tidak ada dan apabila ingin menghidupkan motor kembali tidak perlu on/off kunci kontak, tidak perlu tekan starter, cukup tarik saja sedikit tuas gasnya,motor langsung kembali menyala. Inilah keunggulan teknologi ISS, teknologi yang hanya ada di motor honda tidak yang lain.

Itulah tadi manfaat dari jika kita memahami produk kita dengan baik. Jika product knowledge kita baik. Selain lebih mudah meyakinkan calon pembeli, kita juga bisa menghandle penolakan atau komplain calon pembeli karena ketidaktahuan mereka atas produk kita.

Semoga bermanfaat

*) sumber dari diskusi KPMI medan

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.