Rabu, 12 November 2014

Cara menyusun Strategi Pemasaran : Untuk Pemula




Dalam Manajemen Pemasaran, pertama sekali yang kita pelajari adalah mendefinisikan pasar yang hendak kita sisir. Tujuannya apa? agar dapat disusun strategi pemasaran yang tepat untuk produk yang kita punya. Untuk mendefinisikan pasar itu, yang pertama sekali harus kita lakukan adalah melakukan apa yang disebut sebagai SEGMENTASI. Segmentasi adalah proses untuk membagi pasar menjadi beberapa lapisan. Sehingga akan lebih mudah menentukan target pasar yang potensial.
Proses segmentasi biasanya dimulai dengan membagi kelompok masyarakat berdasarkan tempat tinggal, jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, penghasilan dan lain lain. Semakin spesifik semakin bagus. 

Langkah kedua adalah melakukan TARGETTING, dari segmen yang sudah kita susun tadi, kita kerucutkan lagi, berapa persen dari segmen yang ada tadi, akan kita jadikan pembeli dan langganan produk kita. Tujuannya sederhana agar tenaga, pikiran dan waktu tidak terlalu banyak terserap karena luasnya pasar yang ingin di sisir. 

Langkah ketiga adalah Positioning. Langkah ini adalah upaya kita masuk ke dalam benak konsumen kita.  Hal ini terkait juga dengan brand atau merek yang kita punya. Jadi kalau misalnya kita sebutkan satu hal maka masyarakat yang menjadi target pasar kita akan langsung teringat dengan kita. Misalnya kalau bicara Madu Hutan Asli, maka pikiran kita langsung tertuju pada REFILL MADU. 

Contoh:

Produk/ Jasa yang hendak kita jual adalah KONVEKSI SERAGAM 

Segmentasi : Sekolah (TK, SD, SMP, SMA), Kampus, Perusahaan, Komunitas, Usia di atas 18 Tahun, Berpenghasilan minimal 1,5 juta, tinggal di daerah Sumatera Utara, Aceh dan Riau
 
Targetting : Konveksi seragam untuk SMA, Mahasiswa dan Karyawan Perusahaan, berlokasi Sumatera Utara.

Positioning : Konveksi Seragam yang Murah, Berkualitas

Ini sekedar contoh.

Kalau produk anda sudah definisikan pasar anda?

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.