Minggu, 23 November 2014

Marketing Mix : Place (Lokasi)



Dalam pembahasan marketing mix berikutnya adalah tentang Lokasi atau Place. Sebelumnya saya telah menuliskan tentang bagaimana menentukan harga produk dan tentang promosi yang merupakan bagian dari 4 P dalam marketing mix.

P selanjutnya adalah Place atau lokasi. Lokasi memainkan peranan penting dalam mementukan strategi pemasaran yang tepat. Sampai – sampai banyak orang mengatakan bahwa jika anda ingin berhasil dalam bisnis ada tiga syaratnya, pertama lokasi, kedua lokasi dan ketiga adalah lokasi.

marketing mix : lokasi
Dalam pembahasan pertama tentang Segmentasi, telah saya jelaskan bahwa kita tidak mungkin menjaring semua orang untuk menggunakan produk kita. Terlalu besar energi, biaya dan waktu yang harus kita habiskannya. Kita harus memilah dan memilih pasar yang paling sesuai dengan produk yang kita tawarkan.

Untuk memperbesar konversi pembelian pada produk kita, maka kita harus memastikan bahwa produk kita banyak dilihat dan ditemukan oleh target pasar kita. Karena alasan kemudahan menemukan dam mendapatkan produk kita, maka lokasi memainkan peranan yang sangat strategis dalam strategi pemasaran kita.

Tentunya dalam memilih lokasi, kita perlu mempertimbangkan banyak hal. Lokasi yang terbaik adalah lokasi dimana para “semut” (baca: target pasar kita) banyak berkumpul. Jika ingin dagangan kita laku keras, berjualanlah di dekat para semut ini berkumpul. Namun, untuk mendapatkan lokasi prime itu kadang kita harus membayar harga yang tidak sedikit. Coba bandingkan dengan kemampuan keuangan kita.

Lokasi yang bagus berikutnya adalah lokasi kita adalah jalur lalu lintas si semut. Baik ketika berangkat maupun pulang. Lokasi ini juga memberikan konversi yang tinggi. Harga juga masih tergolong mahal, namun dengan perhitungan yang keuangan yang tepat, dan memang dapat dipastikan memberikan keuntungan yang sepadan, harga bukanlah masalah kan?

Lokasi berikutnya, yang penting ramai dulu. Hehe, cara menguji ramai atau tidaknya suatu lokasi, coba secara random, kita menyebrang jalan di depan kita punya lokasi jualan. Jika kita masih butuh lihat kanan kiri dan masih harus hati hati dalam menyebrang, lokasi tersebut masih tergolong ramai, namun jika kita tidak perlu lihat kanan kiri saat menyebrang serta bisa slonong boy aja, pikir pikir lagi deh hehe.

Saya memiliki teman memiliki usaha konter HP, jual pulsa, aksesoris HP, servis HP, beliau selalu memilih lokasi yang berada tepat di depan sebuah perumahan. Target pasarnya adalah penghuni perumahan. Dan strategi ini jitu, keuntungan bersih perbulan tidak pernah kurang dari 5 juta. Kebetulan beliau punya 5 konter HP dengan besar penghasilan yang kurang lebih sama dan dengan strategi yang sama.

Nah, bagi teman – teman coba evaluasi pemilihan lokasi jualan kita selama ini, sudahkah kita mendekatkan produk kita dengan target pasar kita? Jika belum, segera cari lokasi yang paling dekat dengan target pasar kita agar tingkat konversi produk kita semakin tinggi. Jika konversi tinggi maka pendapatan kita semakin tinggi.

Jika terkait dengan penentuan lokasi pabrik, ada beberapa kriteria lain yang perlu di pertimbangkan, selain dekat dengan target pasar, kita perlu mempertimbangkan akses, kedekatan dengan sumber bahan baku dan tenaga kerja.

Ok, ini sebagai gambaran tentang marketing mix yang ketiga yaitu Place atau lokasi.


Semoga bermanfaat.


salam

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.