Selasa, 11 November 2014

Cara Menjual agar Lebih Mudah

Sering muncul pertanyaan, bagaimana caranya agar menjual lebih mudah dan mengurangi penolakan?

ada 3 syarat agar sukses menjual, yaitu Rapport, Rapport, Rapport.

Rapport adalah jembatan untuk masuk ke dalam pikiran dan perasaan lawan bicara kita. Rapport didefinisikan sebagai kesediaan pihak pihak yang berhubungan untuk saling mempengaruhi secara bawah sadar. (Robert Dills).

Ingat bahwa saat menjual, kebanyakan konsumen melakukan transaksi (menurut survey hampir 80%) adalah karena si penjualnya, bukan karena produknya. kemampuan sipenjual membangun hubungan yang baik itulah yang membuat konsumen menjadi 'percaya' dan akhirnya mau melakukan transaksi dengan kita.

Untuk dapat membangun sikap saling percaya itu, kita harus mampu mempengaruhi dan si konsumenpun mau dipengaruhi. untuk itu kita perlu membuka 'pagar' pikiran dan perasaan konsumen, itulah yang disebut sebagai Rapport.

Lalau bagaimana membangun rapport? pertama sekali dengan membangun kesamaan. kita pasti senang berinteraksi dengan orang yang kita ketahui memiliki banyak kesamaan dengan kita. misalnya kita bertemu dengan orang satu daerah dengan kita di perantauan, karena sama dari satu daerah,walau berbeda kampung, misanya

nah, ternyata rasa percaya itu lebih mudah muncul karena adanya kesamaan.

kalau yang pernah belajar NLP, cara membangun kesamaan itu dengan matching dan mirroring. sederhananya kita berusaha -nyama-nyamain- dengan konsumen kita, baik dari gerakan, intonasi, kata kunci dari pembicaraan dan lain lain.

Kunci sukses menjual adalah kepercayaan dari konsumen kepada kita penjual, untuk membangun kepercayaan itu kita harus mampu menjadi teman yang 'nyaman' bagi konsumen, cara bagaimana agar menjadi pribadi yang nyaman untuk di ajak bicara? dengan membangun Rapport, membangun jembatan ke pikiran dan perasaan konsumen.

semoga bermanfaat
salam

2 komentar:

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.