Rabu, 12 November 2014

Cara Memulai Usaha Tanpa Modal




Cara Memulai Usaha Tanpa Modal - Belajar Bisnis untuk Pemula bersama Bag Kinantan 082366380788/79184C71 - Modal menjadi momok yang menakutkan bagi para pemula yang ingin memulai untuk membangun usaha sendiri. Secara otomatis, pikiran kita akan langsung mengarahkan saat mendengar kata memulai usaha, maka modal (baca: uang) adalah hal pertama yang muncul. Dan kata modal ini yang sering membuat para pemula akhirnya urung menjalankan niatnya untuk membangun usaha sendiri.

cara memulai usaha tanpa modal - manajemen usaha untuk pemula - 082366380788


Salah? Tidak juga, mungkin karena informasi yang sampai ke kita selama ini seperti itu. Bahwa jika ingin membangun usaha sendiri mesti punya modal uang yang cukup. 

Kita lupa bahwa, modal dalam menjalankan usaha itu tidak hanya uang! Kenalan kita, keahlian kita, soft skill lain yang kita miliki itu adalah modal berharga untuk memulai usaha sendiri. Modal uang memang penting, tapi bukan itu yang paling penting. 

Lalu bagaimana? 

Sebelumnya sama sama kita baca dulu, jika ingin membangun usaha harus mulai dari mana?

Begini, dalam tulisan sebelumnya saya katakan bahwa jika ingin membangun usaha, sebaiknya anda tidak memulainya dari produksi. Karena apa? Produksi menyerap modal terlalu besar dan butuh energi ekstra untuk mengendalikannya. Anda bisa memulai usaha anda dari menjadi reseller, atau agen dari produk orang lain. 

Contoh yang selama ini saya lakukan :

Usaha konveksi yang saya jalankan selama ini, itu hampir NOL modal uangnya. Bahkan jika kita mau, modal –uang-nya bisa dibuat NOL sama sekali. Bagaimana caranya?

Pertama, dalam usaha konveksi, kita harus mencari pemasok (tukang jahit) yang dapat memberikan harga yang sangat bersaing. Sehingga kita bisa menjual lagi dengan harga yang bersaing pula. Jika anda kesulitan menemukan tukang jahit yang memiliki harga bersaing, anda bisa hubungi saya.

Setelah dapat pemasok (baca : tukang jahit, biasanya tukang jahit yang harganya miring itu ada di Bandung) mulailah kita berjualan. Sebelumnya perlu anda definisikan siapa pasar anda dulu, biar gak terlalu cape’ sebar iklan kesana kemari. Tawarkan jasa konveksi anda ke pasar potensial.

Selanjutnya saat ada yang sudah mulai nyangkut, sistem pembayarannya pelanggan mesti bayar DP sebesar 50% (karena dari bandung mensyaratkan bayar DP 50%), katakan produksi jalan setelah DP diterima. Setelah DP di terima kirim ke tukang jahitnya, produksi dimulai. Setelah sekitar 4 minggu orderan selesai, anda bisa minta pelunasan dari pelanggan. Setelah di bayar, anda kirim ke tukang jahit sisa yang belum dibayar plus ongkos kirim ke lokasi pemesan.  Selesai. Anda gak perlu keluar uang, dan anda dapat untung sesuai dengan selisih harga jual anda dan harga produksi ke tukang jahit.

Kalau gak mau repot, anda jadi agen saya, hubungi no 082366380788 nanti selanjutnya biar saya yang bereskan hehe. 

Jadi prosesnya : Cari Pemasok (Tukang jahit) ++> Mulai Tawarkan ++> ada yang mau, Minta DP 50% ++> Kirim DP ke tukang jahit ++> produksi 4 minggu ++> minta pelunasan ++> kirim ke tukang jahit, barang dikirim ke pemesan ++> barang sampai ke pemesan anda dapat untung dari selisih harga jual dan produksi.  

Dengan model ini, saya sudah menjalani usaha konveksi ini beberapa tahun belakangan, dan hampir tanpa modal sama sekali. Modal jaringan dan kepercayaan saja. Langganan saya sekarang tersebar dari Aceh sampai Lampung. Keuntungan yang saya dapat per proyek berkisar 500 ribu hingga 10 juta. Lumayan kan. Sebulan dapat 2-3 orderan saja dah menutupi biaya bulanan hehe. 

Masih berpikir bahwa memulai usaha harus modal uang? Hubungi saya kalo mau jadi agen di daerah anda, nanti saya ajarkan bagaimana sistem kerjanya.

akhirnya saya ingin katakan bahwa model ini dapat digunakan ke beberapa usaha, tidak hanya usaha konveksi. selamat mencoba  Cara Memulai Usaha Tanpa Modal semoga bermanfaat.

salam 

4 komentar:

  1. memang keren konveksian itu pak hehe
    saya ini juga sedang membuka jasa konveksi di daerah surabaya. yang menjadi masalah adalah supplier saya (tukang jahit) itu masih terlalu mahal. jadi meski saya mengambil keuntungan sedikit, harga di pasaran masih kalah. nah itu gimana pak? saya juga sedang bingung cari supplier lain dan belum menemukan. mohon pencerahannya.. terimakasih ^^

    BalasHapus
  2. saya selama ini punya penjahit di bandung, harga bahan dan tukang jahit lumayan bersaing,

    kemudian saya juga sisir pasar yang tidak banyak digarap orang tapi punya daya beli tinggi jadi kita bisa jual lebih mahal...

    kalau boleh tau berapa pasaran harga disana, kalo bisa kita kerja sama, saya kerjakan proyek surabaya dari bandung gmana? hehe sekedar usulan

    BalasHapus
  3. maaf sebelumnya, apakah benar bapak berdomisili di medan? lalu apakah tidak beresiko jika suppliernya di bandung pak?
    minta pin BBM nya boleh pak? hehe

    BalasHapus
  4. ya saya di medan, sejak 2009 sampe sekarang dari ratusan order baru 4 yang bermasalah, itupun hanya dimasalah waktu....hehe

    alhmdulillah saya sudah punya penjahit yang bisa dipercaya...boleh pin BBM saya 79184C71/ No wa saya 082366380788

    BalasHapus

Terimakasih Sudah Membaca Blog Kami, berkomentarlah yang santun.